Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Raudlotul Aisy (STUDENT ID : 15030174031)
(LECTURER ID : 0018048304)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Datestamp
2022-12-23 14:38:42
Abstract :
Kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan konsepmemiliki hubungan yang positif terhadap kemampuan memecahkan masalah. Kemampuansiswa dalam membuat soal memiliki hubungan yang positif dengan kemampuanmemecahkan masalah. Dalam penelitian ini, materi yang digunakan yaitu materisegitiga dan segiempat karena materi tersebut dapat digunakan untukmengidentifikasi kemampuan berpikir kreatif, penguasaan konsep, dan kemampuansiswa dalam membuat soal matematika serta materi segitiga dan segiempat dapatditemukan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian iniadalah mengetahuibagaimana hubungan kemampuan berpikirkreatif dan penguasaan konsep, hubungan kemampuan berpikir kreatif dankemampuan membuat soal matematika, hubungan penguasaan konsep dan kemampuanmembuat soal matematika, dan hubungan antara kemampuanberpikir kreatif dan penguasaan konsep dengan kemampuan siswa membuat soalmatematika.Metode yang digunakan dalam penelitianini yaitu metode kuantitatif deskriptif dengan analisis regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIIISMPN 2 Jombang, dan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-A,VIII-B, dan VIII-C SMPN 2 Jombang. Jumlah subjek yang diteliti yaitu 88 siswa. Datadikumpulkan menggunakan metode tes untuk memperoleh data kuantitatif tentangkemampuan berpikir kreatif, penguasaan konsep, dan kemampuan siswa membuat soalmatematika.Berdasarkan hasil perhitungan statistik menggunakan aplikasi SPSS-22 diperolehnilai sig (2-tailed) hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dan penguasaankonsep yaitu 0,003. Sehingga nilai sig (2-tailed) < 0,025, berdasarkanpedoman pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antarakemampuan berpikir kreatif dan penguasaan konsep. Setelah dilakukan perhitunganstatistik untuk mencari hubungan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuanmembuat soal matematika, diperoleh nilai sig (2-tailed) adalah 0,557. Sehingganilai sig (2-tailed) > 0,025, berdasarkan pedoman pengambilan keputusandiperoleh kesimpulan bahwa tidak ada hubungan antara kemampuan berpikir kreatifdan kemampuan membuat soal matematika. Berdasarkan hasil perhitungan statistikdiperoleh nilai sig (2-tailed) 0,508 pada hubungan antara penguasaan konsepdengan kemampuan membuat soal matematika, sehingga nilai sig (2-tailed) >0,025. Berdasarkan pedoman pengambilan keputusan diperoleh bahwa tidak terdapathubungan antara penguasaan konsep dan kemampuan membuat soal matematika. Untuk mencari hubungan antara kemampuan berpikirkreatif dan penguasaan konsep dengan kemampuan membuat soal matematika denganuji regresi berganda diperoleh nilai sig Fchange yaitu 0,742. Nilai yang digunakan dalam penelitian ini yaitu0,05. Sehingga nilai sig Fchange > , berdasarkan pedoman pengambilan keputusanjika nilai sig Fchange > maka Ho diterima yaitu tidak adahubungan antara kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan konsep terhadapkemampuan siswa dalam membuat soal matematika.