DETAIL DOCUMENT
penggunaan assessment portofolio pada pembelajarantata busana di smk
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
EKA AGUSTIN KUSUMAWATI (STUDENT ID : 14050404050)
(LECTURER ID : 0022097302)
Subject
Teknik 
Datestamp
2022-12-23 14:48:30 
Abstract :
ABSTRAK Assessment portofolio diterapkan pada bidang studi yangmewajibkan hasil proses pembelajaran berupa pengetahuan dan keterampilan. Penilaianini dilaksanakan dengan acuan dari berberapa kumpulan tugas siswa yang tersusundan tertata berurutan saat proses kegiatan belajar mengajar berlangsung. Studiliterature ini membahas tentang penerapan assessment portofolio padapembelajaran tata busana di SMK. Dengan assessment portofolio, tingkatperkembangan belajar peserta didik lebih dapat diukur dan dipahami serta dapatdiketahui segala aktivitas peserta didik tentang pemahaman dan pengetahuannyaselama proses pembelajaran. Tujuan studi literatur ini, adalah : (1) Mengetahuilangkah-langkah penyusunan assessment portofolio pada pembelajaran tata busana di SMK. (2) Mengetahui perkembangan hasilbelajar peserta didik dengan penerapan assessment portofolio (3) Mengetahuikelebihan dan kekurangan penerapan assessment portofolio. Hasil penelitian ini,yaitu :(1) Langkah langkah penyusunan assessment portofolio padapembelajaran tata busana meliputi tahap perencanaan assessment portofoliomeliputi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, jenis penilaian dan banyaknyatugas yang dibuat oleh siswa. Kemudian tahap pengembangan instrument penilaian,dan terakhir tahap pelaksanaanmencakup pengukuran pengetahuan, penilaian keterampilan melalui penilaianketerampilan teknis dari produk tugas, proses kerja dan kerapihan dalam bentukdokumen kumpulan tugas siswa. (2) Penggunaan portofolio dalampembelajaran tata busana, dapat mengembangkan dan membekali pengetahuan danketerampilan bidang keahlian tata busana yang wajib dimiliki setiap siswa. (3)Kelebihan dari penerapan assessment portofolio dapat memotivasi tingkat belajar pesertadidik secara aktif, kreatif, memunculkan motivasi, juga meningkatkankemampuan keterampilan setiap siswa, sedangkan kekuranganpenggunaan assessment portofolio adalah membutuhkan waktu lebih lamadibandingkan dengan penilaian lain yang sering diterapkan.Kata Kunci: AssessmentPortofolio, Pembelajaran, SMK, Tata Busana.  

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya