Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Augmented Reality Berbasis Andorid Untuk Pembelajaran Tematik 9 Materi Tata Surya pada SDN Ngepung 3 Patianrowo Nganjuk. Model pengembangan yang digunakan yakni model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan angket. Pada uji kelayakan media, menggunakan instrumen validasi diperoleh hasil analisis validasi ahli materi (1 guru Mata Pelajaran dan Guru kelas VI SDN Ngepung 3 Patianrowo) mendapatkan persentase 92,3 % dan juga validasi ahli media (1 dosen jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya) mendapatkan persentase 91,6%. Serta hasil Angket dari peserta didik kelas VI SDN Ngepung 3 patianrowo mendapatkan hasil 95.8%. Media ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran, berdasarkan tabel kriteria penilaian.Berdasarkan hasil uji pada para ahli dan peserta didik tersebut termasuk dalam kriteria penilaian sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan Augmented reality pada materi benda angkasa luar dan rahasianya telah layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran pada tematik 9 mata pelajaran IPA pada peserta didik kelas VI SDN Ngepung 3 PatianrowoKata Kunci: Pengembangan,Augmented Reality, Tata Surya, Tematik 9.