Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Alimatun Fadhilatuts Naini (STUDENT ID : 15030654018)
(LECTURER ID : 0004077004)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Datestamp
2022-12-23 14:38:27
Abstract :
Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kelayakan lembar kegiatan siswa yang dikembangkan berdasarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Prosedur penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D) yang terdiri dari 10 langkah, namun yang digunakan hanya sampai pada 6 langkah saja yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, dan uji coba produk.Uji coba produk dilakukan dengan menggunakan desain One-Shot Case Study Design dengan subjek uji coba di SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo kelas VII-B yang terdiri dari 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kegiatan siswa yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kelayakan berdasarkan kevalidan memperoleh skor modus keseluruhan dengan angka modus 4 sehingga mendapat kriteria sangat baik. Kelayakan berdasarkan kepraktisan diperoleh dari persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 94,79% dengan kriteria sangat baik dan persentase respon siswa terhadap lembar kegiatan siswa sebesar 90,71% dengan kriteria sangat baik. Kelayakan berdasarkan keefektifan diperoleh dari persentase aktivitas keterampilan proses sains siswa sebesar 86,44% dengan kriteria sangat baik dan persentase ketuntasan setiap siswa secara klasikal sebesar 65% serta ketuntasan setiap aspek keterampilan proses sains siswa secara klasikal sebesar 79,20%. Kata Kunci: lembar kegiatan siswa, keterampilan proses sains, kevalidan, kepraktisan, keefektifan