Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
MOCHAMMAD UBAIDILLAH (STUDENT ID : 17010044026)
(LECTURER ID : 0009046309)
Subject
Ilmu Pendidikan
Datestamp
2022-12-23 14:48:51
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran seni musik hadrah bagi siswatunanetra di SLB Negeri Gedangan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptifkualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara kepada subyekyaitu kepala sekolah, guru kesenian, dan guru hadrah. Teknik analisis data yang digunakan dalampenelitian ini adalah analisis data interaktif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran seni musik hadrah masuk pada mata pelajaran SBdPyang dilaksanakan dengan metode demonstrasi, drill dan kooperatif. Materi yang diberikan terdiri atasvokal dan musik yang bermedia bass, bass tam, keplak, tamborin, rebana dan keyboard piano. Siswatunanetra dapat mengikuti pembelajaran seni musik hadrah dengan baik serta dapat menyesuaikan denganmateri dan alat musik hadrah yang digunakan, hal ini ditunjukkan dari performa siswa tunanetra yangmampu memahami materi vokal dengan baik yaitu pelafalan teks sholawat, kesesuaian nada, tempo, powerdan kesesuaian dengan musik. Selain itu siswa dapat mengenal materi musik hadrah di antaranya yaituakurasi dan bunyi pukulan, kesesuaian dengan rumus hadrah, power, tempo, dan kesesuaian dengan vokal.Kata Kunci: Siswa tunanetra, Pembelajaran seni, Musik hadrah