Abstract :
Bahasa merupakanalat yang digunakan untuk menyampaikan ide,pikiran, hasrat dan keinginan pada orang lain. Mempelajari BahasaMandarin meliputi empat komponen keterampilan yang perlu dikuasai, yaitu keterampilan menulis, keterampilanmembaca, keterampilan menyimakdan keterampilan berbicara. Kemampuan menulis dianggap sebagai kemampuan yangpaling sulit. Aksara Hn atau yangdikenal dengan Hnz memiliki unsur penulisan yang terdiridari guratan disebut bhu, urutan guratan yang disebut bshn dan jumlahguratan. Bhu dan bshn merupakankaidah yang harus dipatuhi dalam penulisan Hnz.Karena dengan penulisan bhu dan bshn yang benar, tidak akan terjadi kesalahan penulisan Hnz. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemahaman unsur penulisan dasar Hnz pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Grogol Kediri, mendeskripsikan kemampuan menulis Hnz siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Grogol Kediri, dan mendeskripsikan korelasi pemahaman unsurpenulisan dasar Hnz dengankemampuan menulis Hnz siwa kelas XIBahasa SMANegeri 1 Grogol Kediri. Penelitian inimenggunakan metode deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 GrogolKediri yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian iniberbentuk soal objektif yang terdiri dari tes pemahaman unsur penulisan dasar Hnz dan kemampuanmenulis Hnz.Penganalisisan dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan rumuskorelasi product moment dan uji signifikasi. Berdasar hasil analisis dataditemukan bahwa pemahaman unsur penulisan dasar Hnz siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Grogol Kediri dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 80. Kemampuan menulis Hnz siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 GrogolKediri dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 79,5.Diperoleh r hitung 0,617. Berdasar hasil interpretasi terhadap tabel pedomaninterpretasi r hitung 0,617 masuk kategori kuat. Hasil perhitungan menunjukkanbahwa t hitung 4,05 lebih besar (>) ttabel 2,160 taraf signifikansi 5% uji dua pihak dan dk = n-2 = 28, dapatdisimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antarapemahaman unsur dasar penulisan Hnzdengan kemampuan menulis Hnz padasiswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Grogol Kediri.