DETAIL DOCUMENT
PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA OPEN - ENDED SISWA SMA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
HAJAR AHMAD SANTOSO (STUDENT ID : 15030174053)
(LECTURER ID : 0026036701)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:37:54 
Abstract :
Realita dalam pendidikan saat ini, peningkatankemampuan atau keterampilan matematika siswa jarang dilakukan pada pembelajaranmatematika karena kebanyakan guru di sekolah mengajarkan pelajaran matematikasecara hafalan dengan menggunakan masalah rutin atau closed problem. Padahal terdapat jenis masalah terbuka yang menciptakan minat danmerangsang aktivitas matematis siswa didalam kelas. Disisilain, ide ide dalam matematika seringkali dipresentasikan dalam bentuk simbolvisual dan simbol verbal. Salah satu pengklasifikasian gaya kognitif yangberkaitan dengan penerimaan informasi secara visual maupun verbal adalah gayakognitif visualizer-verbalizer. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptifkulitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalahmatematika open-ended siswa sma berdasarkan gaya kognitif. Subjek penelitian initerdiri dari 3 siswa SMA kelas XII SMAN 1 Sidoarjo tahun ajaran 2018/2019 ditentukanberdasarkan gaya kognitif visualizerobjek, visualizer spasial, dan verbalizer. Instrumenyang digunakan terdiri dari angket gaya kognitif, teskemampuan matematika, tugas pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Pemberian angket gaya kognitif untuk menentukan dan tes kemampuan matematikauntuk menentukan subjek penelitian sedangkan pemberian tugas pemecahan masalahdan wawancara untuk mendeskripsikan pemecahan masalah yang dilakukan olehsiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil pemecahan masalah matematika open-endedsiswa SMA berdasarkan gaya kognitif adalah sebagai berikut, (1) siswa dengan gayakognitif visualizer objek mampu memecahkan masalah sesuai dengan 4 tahapanPolya; (2) siswa dengan gaya kognitif visualizer spasial mampu memecahkanmasalah sesuai dengan 4 tahapan Polya; (3) siswa dengan gaya kognitifverbalizer objek mampu memecahkan masalah sesuai dengan 4 tahapan Polya. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya