Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
ISMU MIATUN HASANAH (STUDENT ID : 16030194025)
(LECTURER ID : 0020066003)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Datestamp
2022-12-23 14:44:25
Abstract :
Penelitianini bertujuan untuk menghasilkan Bahan Motivasi Peserta Didik (BMPD) yang layakdigunakan pada pembelajaran kimia di SMA kelas XI semester 1. BMPD yangdikembangkan mengikuti tahapan analyze,design, develop, implemen, evaluate (ADDIE). Tahap evaluasi meliputi subtahap evaluasi formatif. Dalam penelitian ini pengembangan BMPD sampai tahapevaluasi formatif. Kriteria kelayakan meliputi validitas (isi dan konstruk),kepraktisan, dan keefektifan. Kriteria validitas didasarkan data hasil expert judgement dari tiga orangvalidator. Kriteria kepraktisan dan keefektifan didasarkan penilaian yangdiberikan oleh tiga orang guru kimia sesaat setelah uji coba BMPD. Keseluruhandata dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tigabelas BMPD yang dikembangkan memenuhi syarat kelayakan. Setiap indikator BMPDsebagai pemotivasi memperoleh penilaian dari validator dengan modus (Mo)minimal 3 pada rentang skor 1-5 dengan nilai percentage of agreement antar validator di atas 75%. Tiga belasBMPD dinyatakan memenuhi syarat validitas, kepraktisan, dan keefektifan karenapada setiap indikatornya memperoleh penilaian dari guru pengguna dengan modus(Mo) minimal 3 pada rentang skor 1-4 dengan nilai percentage of agreement (R) antar guru pengguna di atas 75%.Kata-katakunci: Bahan Motivasi Peserta Didik (BMPD), Validitas, Kepraktisan, Keefektifan,Percentage of Agreement.