DETAIL DOCUMENT
STRATEGI PQ4R DALAM TINGKAT KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA TEKS EKSPOSOSI ANALITIS PADA SISWA KELAS SEBELAS SMA DARUL ULUM 1 JOMBANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
MUHAMMAD NUR EBES (STUDENT ID : 13020084075)
(LECTURER ID : 0025096703)
Subject
Bahasa dan Seni 
Datestamp
2022-12-23 14:39:05 
Abstract :
ABSTRAKEbes, Muhammad Nur. 2019. Strategi PQ4R Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Eksposisi Analitis Pada Siswa Kelas Sebelas di SMA Darul Ulum 1 Jombang. Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris. Universitas negeri Surabaya. Pembimbing: Fauris Zuhri, S.Pd., M.Hum.Kata Kunci: kemampuan memahami bacaan, strategi membaca PQ4R , teks eksposisi analitis.Pemahaman membaca merupakan elemen penting dalam proses belajar mengajar bahasa Inggris. Beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca, salah satunya adalah strategi membaca. Peneliti menggunakan preview, question, read, reflect, recite, review (PQ4R) yang membuat siswa lebih mudah untuk memahami teks eksposisi analitis. Demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan membaca kelompok siswa yang diajar menggunakan PQ4R sebagai strategi membaca berbeda secara signifikan. Penelitian ini merupakan penelitian benar-eksperimen menggunakan sampel acak. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 11 IPA SMA Darul Ulum 1 Peterongan Jombang. Pretest dan posttest digunakan untuk mengukur signifikan beda dari kelas sampel. . Setelah data dikumpulkan dan dianalisis secara statistik dengan menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PQ4R sebagai strategi menunjukkan ada perbedaan yang signifikan dalam kemampuan membaca pemahaman siswa dalam kelas Eksperimen Nilai rata-rata XI - IPA 8 sebagai kelas eksperimen mendapat 78,64 (SD = 7.210) lebih tinggi daripada XI - IPA 6 sebagai kelas dikendalikan mendapat 73,94 (SD = 9.500). Selanjutnya, diukur dalam sampel t-test independen menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok dengan nilai sig (p value) adalah 0,027,  

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya