DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN PUTER II KEMBANGBAHU-LAMONGAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
ADI PURWANTO (STUDENT ID : 16070855080)
(LECTURER ID : 0005106404)
Subject
Pascasarjana 
Datestamp
2022-12-23 14:38:42 
Abstract :
ABSTRAKPurwanto Adi. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Puter II Kembangbahu-Lamongan. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar.Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Prof. Dr. Mustaji, M.Pd dan Pembimbing (II) Dr. Ketut Prasetyo, M.SKataKunci: ModelPembelajaran Kooperatif Tipe MakeA Match, Aktivitas belajar, Hasil Belajar.Penelitian inibertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make A Matchterhadap aktivitas dan hasil belajar dalam mata pelajaran IPS bagi siswa kelas V SDN Puter IIKembangbahu-Lamongan.Jenis penelitian yangdigunakan adalah Quasi Experimental Design. Desain yang digunakan pada penelitian iniadalah desain Nonequivalent Control GroupDesign. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasiaktivitas dan soal hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VSDN Puter II Kembangbahu-Lamongan. Teknik analisis data menggunakan uji t-Test diketahui bahwa thitung untukdata aktivitas belajar siswa (kelas kontrol dan kelas eksperimen) sebesar 8,108(df 19) dan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Dari hasiltersebut menunjukkan thitung 8,108 (df 19) > ttabel2,093 (df 19) dengannilai Signifikansi 0,000< 0,05. Hal ini berarti ada pengaruhmodel pembelajaran Make A Match terhadap aktivitas siswa.Sedangkan untuk pengujianhipotesis kedua, diketahui bahwa Berdasarkan hasil uji t, menunjukkan bahwanilai (kelas kontrol dan kelas eksperimen)sebesar 2,912 (df 19) dan Sig. (2-tailed)sebesar 0,009. Dari hasil tersebut menunjukkan thitung 2,912 (df 19)> ttabel 2,093 (df 19) dan nilai Sig. (2-tailed) 0,009 < 0,05 Dengan demikian terbukti bahwa Model Pembelajaran MakeA Match berbantuanPowerpoint berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS.Berdasarkan hasil analisis data, dapatdisimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas modelpembelajaran Make A Match terhadap variabel terikat yaitu aktivitas dan hasil belajardalam mata pelajaran IPSbagi siswa kelas V SDN Puter II Kembangbahu-Lamongan. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya