DETAIL DOCUMENT
Kesesuaian Materi Buku Almanya 2 dengan Kurikulum 2013 dalam Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Tema Familie Kelas XI Semester Gasal
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
AMALIA PUTRI PERDANA (STUDENT ID : 18020094030)
(LECTURER ID : 0026046801)
Subject
Bahasa dan Seni 
Datestamp
2022-12-23 14:50:26 
Abstract :
Keterampilan menulis adalah salah satu keterampilan yang wajib dikuasai dalam belajar berbahasa. Tentunyaketerampilan menulis ini tidak bisa dilakukan dengan mudah, di butuhkan latihan menulis supaya hasil yangdidapat memuaskan. Keterampilan menulis juga diterapkan pada pembelajaran bahasa Jerman. Berbicaramengenai proses mengajar di dalam pembelajaran tentunya tak terlepas dari buku ajar yang mengacu padakurikulum 2013 dan sudah ditetapkan oleh kemendikbud. Salah satu buku ajar yang digunakan dalampembelajaran bahasa Jerman di SMA N 1 Tarik Sidoarjo adalah buku Almanya 2. Dalam penelitian ini dibahasmengenai kesesuaian buku ajar dengan kurikulum 2013 yang berlaku. Namun tidak hanya kurikulum 2013 sajayang digunakan untuk meneliti kesesuaian buku ajar dalam Almanya 2, disertakan penunjang lain agar bukuajar dikatakan layak dan sesuai. Seperti yang telah dinyatakan oleh Muslich seorang tokoh pendidikanmengatakan bahwa terdapat 3 syarat indikator dinyatakan layak atau tidak buku ajar yang digunakan. Indikatoryang diungkapkan (Muslich,2010:292-295) sebagai berikut, 1) kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar(KD) yang diuraikan dan didalamnya harus mengandung silabus mata pelajaran yang bersangkutan, 2) isimateri yang sesuai, 3) dokumen pendukung seperti kesesuaian bahasa dengan tingkat yang sesuai, komunikasibahasa yang baik, respon penggunaan kebutuhan bahasa akan prioritas dalam alur pemikiran siswa. Indikatoryang telah dinyatakan oleh Muslich berperan sebagai acuan kelayakan buku ajar yang dibawakan dandigunakan dalam instrumen penelitian. Tujuan dalam artikel ini untuk mengetahui kesesuaian materi temaFamilie pada buku ajar Almanya 2 terhadap kurikulum 2013 untuk kelas XI semester gasal. Penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengambilan sumber data dari buku Almanya 2. Datayang diambil adalah latihan soal terkait tema keluarga, bentuk latihan soal yang disajikan berbagai macamyaitu jawaban singkat, essay, benar/salah dan mencocokan kata yang tepat dalam sebuah kalimat maupuncerita. Dengan jumlah latihan soal yang disajikan yaitu 10 latihan soal. Dari hasil penelitian menggunakankriteria kesesuaian dalam indikator Muslich yaitu dengan syarat layak sebagai buku ajar telah ditemukan 4kesesuaian buku Almanya 2 layak dikatakan sebagai buku ajar dan 1 kriteria yang kurang sesuai denganindikator Muslich. Kemudian untuk uji kelayakan latihan soal dalam buku Almanya dengan kurikulum 2013ditemukan bahwa terdapat hasil 7 latihan soal dengan hasil sesuai dengan kurikulum 2013, 1 latihan soalkurang sesuai dengan kurikulum 2013 dan 2 latihan soal tidak sesuai dengan kurikulum 2013.Kata Kunci: Buku Ajar, Kurikulum, Keterampilan menulis, Almanya 2, pembelajaran bahasa Jerman. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya