DETAIL DOCUMENT
Proses Berpikir KritisSiswa SMA Dalam Mengerjakan Soal Matematika Hot (Higher OrderThinking) Ditinjau Dari Kemampuan Matematika
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Airna Perwitasari (STUDENT ID : 15030174041)
(LECTURER ID : 0018048304)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:47:28 
Abstract :
Penelitianini merupakan penelitian deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan prosesberpikir kritis siswa SMA dalam mengerjakan soal matematika HOT ditinjau dari kemampuan matematikatinggi dan sedang. Subjek penelitian terdiri dari dua siswa kelas XI. Instrumenyang digunakan yaitu tes kemampuan matematika, tes berpikir kritis, dan pedomanwawancara. Hasil penelitian menunjukkan proses berpikir kritis siswa yaitu, (1) terdapat persamaan kedua subjek pada tahap klarifikasiyaitu siswa mengidentifikasi informasi dan perintah yang ada pada soal; (2)terdapat perbedaan kedua subjek pada tahap asesmen yaitu subjek berkemampuan matematikatinggi mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan dengan disertai alasansedangkan subjek berkemampuan matematika sedang tidak disertai alasan; (3)terdapat perbedaan kedua subjek pada tahap inferensi yaitu subjek berkemampuanmatematika tinggi menjelaskan hubungan dari setiap informasi dan memberikankesimpulan lengkap, sedangkan siswa berkemampuan matematika sedang tidak memberikankesimpulan yang lengkap untuk soal analisis; (4) terdapat perbedaan keduasubjek pada tahap strategi yaitu subjek berkemampuan matematika tinggimengerjakan soal dengan dua cara serta mengevaluasi hasil pekerjaannya sehinggamemperoleh jawaban benar, sedangkan siswa berkemampuan matematika sedangmengerjakan soal dengan satu cara dan tidak mengevaluasi hasil pekerjaanya padasoal analisis.  

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya