DETAIL DOCUMENT
Pengembangan E-portofoliodengan Pendekatan Student Led Conferenceuntuk Meningkatkan Keterampilan Communication, Collaboration, Critical Thinking & Creativity bagiPeserta Didik Kelas V Sekolah Dasar
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
NAFIK (STUDENT ID : 19070996014)
(LECTURER ID : 0005106404)
Subject
Pascasarjana 
Datestamp
2022-12-23 14:48:56 
Abstract :
Nafik, 2022.Pengembangan E-portofolio dengan Pendekatan Student Led Conference untuk Meningkatkan Keterampilan Communication, Collaboration, CriticalThinking & Creativity bagiPeserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Disertasi, Program Studi TeknologiPendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing I.Prof. Dr. Mustaji, M.Pd., dan II. Dr. Andi Mariono, M.Pd.Kata-kata kunci : E-portofolio, student led conference, communication, collaboration, criticalthinking & creativityPenelitian ini bertujuan untuk (1)menghasilkan model penilaian e-portofolio dengan pendekatan student led conference untukmeningkatkan keterampilan communication,collaboration, critical thinking & creativity bagi peserta didik kelasV Sekolah Dasar dan (2) menguji kelayakan dan keefektifan model melalui bukumodel dan aplikasi.Penelitian ini menggunakan metodepenelitian pengembangan atau Research andDevelopment (R&D) dengan model yangdigunakan adalah Dick, et al. (2015) sebagai tahap pengembangan model. Variabelbebas penelitian ini adalah e-portofolio dan students led conference sementara variabel terikat adalahketerampilan communication, collaboration,critical thinking & creativity peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelasV SekolahDasar yang berjumlah 32 peserta didik. Instrumen yang digunakan untukmengumpulkan data adalah validasi ahli,observasi, tes dan angket Teknik analisis data yang digunakan untuk mengujikelayakan dan keefektifan pada penelitian ini adalah (1) Evaluasi satu-satu(one to one evaluation) yaitu uji ahli menggunakan lembar validasi ahli (2) Ujicoba kelompok kecil (Small group evaluation) yang dilakukan pada tiga pesertadidik secara individu sebagai subjek uji coba (3) Uji coba lapangan (FieldTrial) yaitu mengimplementasikanmodel e-portofolio dengan pendekatan SLC pada situasi kelas yang sebenarnya yang dinilai menggunakan skor penilaian denganberbagai kategori. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji tingkatkeefektifan model adalah menggunakan uji n-gain score pada pretestdan posttest.Hasil yang diperoleh sebagaiberikut: rata-rata validasi model penilaian EP-SLCberdasarkan rata-rata validasi buku model EP-SLC oleh ahli model adalah 87.15%dengan hasil layak dengan revisi. Rata-rata validasi aplikasi model EP-SLC olehahli model adalah 100% dengan hasil layak, sehingga dapat disimpulkan model EP-SLC tersebut layak untuk digunakan dalampenilaian dengan kesimpulan tersebut. Untuk mengetahui tingkat keefektifanmodel diperoleh dengan uji n-gain score pada pra tes dan pasca tesdengan peningkatan n-gain score keterampilankolaborasi dan kreativitas adalah >0.3 dengan kategori sedang dan hasil n-gainscore pada pra tes dan pasca tesketerampilan komunikasi dan berpikir kritis adalah >0.7 dengan kategoritinggi. Artinya ada peningkatan keterampilan communication, collaboration, critical thinking & creativitydengan adanya E-portofolio dengan pendekatan Student Led Conference bagi peserta didik kelas V Sekolah Dasar. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya