DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Keterampilan Menulis Teks Cerpen Pada Siswa Kelas VII SMP Gema 45 Surabaya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
WAHYUNI HARWATI (STUDENT ID : 147835086)
(LECTURER ID : 0010065707)
Subject
Pascasarjana 
Datestamp
2022-12-23 14:40:50 
Abstract :
ABSTRAKHarwati, Wahyuni. 2019.Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Keterampilan Menulis Teks Cerpen PadaSiswa Kelas VII SMP Gema 45 Surabaya.Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing:(1) Prof.Dr. Udjang Pairin. M.Pd., dan (2) Dr. Suhartono. M.Pd,.Kata Kunci: Pengembangan instrumen , PenilaianAutentik, Teks, Cerita PendekTujuan umum penelitian ini adalah mengembangkan instrumenpenilaian autentik pada kemampuan menulis teks cerpen, dengan ini diharapkanmampu membantu dalam penilaian di dalam kegiatan pembelajaran. Adapun tujuankhusus penelitian adalah: (1) mendeskripsikan proses pengembangan instrumenpenilaian autentik pada materi teks cerita pendek, (2) mendeskripsikan kualitaspengembangan instrumen penilaian autentik pada materi teks cerita pendek. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangandengan desain model 4D. Prosedur pengembangan meliputi tahap pendefinisian,perancangan, dan pengembangan. Data penelitian berupa dokumen prosespengembangan, dan data kualitas instrumen penilaian autentik dari validator.Selanjutnya pengumpulan data dilakukan melalui teknik validasi, observasi,wawancara, angket dan tes dengan instrumen yang berbentuk buku siswa.Penganalisisan data dilakukan dengan menggunakan teknik deskripsi kualitatifdan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil rekapitulasisecara keseluruhan dan pada uji kevalidan diperoleh persentase sebesar 79,23dan 81, 54 jika dirata-rata akan diperoleh hasil sebesar 80,39 yang dapatdinyatakan bahwa produk berkategori valid dan siap dipergunakan denganperbaikan. Pada hasil kepraktisan diperoleh hasil 83,6% dan 82,7% jikadirata-ratakan maka akan diperoleh hasil 83,15. Dari hasil tersebut dinyatakanbahwa produk ini dapat dikatakan berkategori terlaksana dengan baik danpraktis. Selanjutnya nilai yang diperoleh dari hasil pelaksanaan pengajarandiperoleh hasil sebesar 81,8% yang dapat dikategorikan efektif. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya