DETAIL DOCUMENT
PEMBELAJARANFISIKA DENGAN MODEL PBL BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIRKRITIS PESERTA DIDIK SMA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Firdausi Nuzula (STUDENT ID : 19030184070)
(LECTURER ID : 0022086004)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2023-09-04 17:07:22 
Abstract :
ABSTRAK PembelajaranFisika dengan Model PBL Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan BerpikirKritis Peserta Didik SMA Nama : Firdausi Nuzula NIM : 19030184070 Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika Jurusan : Fisika Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya Pembimbing : Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd. Kehidupandi era abad-21 menuntut seseorang untuk mampu menguasai keterampilan 4C (colaboration,communication, critical thinking, and creativity) dan menuntun sumber dayamanusia yang mampu bersaing secara global yang akan dilatih melaluipembelajaran fisika dengan model pembelajaran PBL (problem bassed learning)berbasis STEM (science, technology, engineering, and mathematics),sehingga penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaranfisika dengan model PBL berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikirkritis peserta didik SMA, mendeskripsikan hasil peningkatan keterampilanberpikir kritis peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran PBLberbasis STEM, dan mendeskripsikan respon peserta didik terhadap penerapanmodel pembelajaran PBL berbasis STEM. Jenis penelitian ini adalah pre-experimentaldengan desain penelitian one group pre-test and post-test. Subjekpenelitian yaitu kelas X MIPA 2, X MIPA 3, dan X MIPA 5 SMA Muhammadiyah 1Taman dengan jumlah keseluruhan sebanyak 72 peserta didik. Instrumen penelitianyang digunakan meliputi lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembarsoal pre-test and post-test, dan angket respon peserta didik. Teknikanalisis data yang digunakan diantaranya yaitu uji-t berpasangan, perhitungan n-gain,dan ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan pembelajaranPBL berbasis STEM terlaksana dengan sangat baik; (2) penerapan model PBLberbasis STEM dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis secara signifikanpada = 0,05, dengan rerata n-gain berkategori tinggi, dan konsisten pada ketiga kelas; (3) responpeserta didik terhadap pembelajaran PBL berbasis STEM berkategori sangat baik Kata Kunci : PBL berbasis STEM, Keterampilan BerpikirKritis, Pembelajaran Fisika 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya