DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran 3D di SMKN 2 Surabaya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
SALMAN ALFARIZI (STUDENT ID : 17050974017)
(LECTURER ID : 0001117406)
Subject
Teknik 
Datestamp
2022-12-23 14:47:31 
Abstract :
Kesesuaian perangkat pembelajaran berpengaruh saat proses kegiatan pembelajaran dan hasilnya, hasil obeservasi menampilkan metode konvensional masih digunakan saat kegiatan pembelajaran, dengan pembelajaran teori dan pratikum serta pemberian penugasan kepada siswa. Penerapan mediapembelajaran interaktif berbasis android pada model pembelajaran pada mata pelajaran 3D khususnya pada materi dasar dasar blender untuk mengembangkan hasil belajar siswa yang nantinya agar kegiatan belajar bisa berjalan lebih efektif, efisien dan meningkatkan nilai belajar para siswa. Penelitian ini menerapkan metode pengembangan model dengan metode One group pre-test post-test design. Sempel pada penelitian kali ini yaitu siswa dan siswi kelas X Animasi 1 SMK Negeri 2 Surabaya, dan untuksampelnya menggunakan teknik Sampling Purposive. Hasil akhir rata rata awal nilai belajar siswa sebesar43,6 dan hasil akhir rata rata setelah menggunakan media sebesar 71.3. Respon siswa menunjukkan rating 87.33% terhadap media pembelajaran tersebut. Sedangkan hasil analisis belajar memperoleh hasil sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, yang bisa diambil kesimpulan jika ada tingkat perbedaan hasil belajar ketika sebelum dan sesudah menggunakan media, dapat disimpulkan media ini dapat meningkatkan nilai belajar peserta didik lebih baik serta media pembelajaran ini pantas dipakai sebagai perangkat kegiatan belajar mengajar. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya