Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
ELVARETTA PARAMESTHI (STUDENT ID : 17020094021)
(LECTURER ID : 0026046801)
Subject
Bahasa dan Seni
Datestamp
2022-12-23 14:48:58
Abstract :
Keterampilan menyimak merupakan keterampilan pembelajaran pertama yang diperoleh seseorang dalam melakukan kegiatan komunikasi (Gereda, 2020:28). Agar tidak terjadi salah tafsir dalam kegiatan menyimak antara pembicara dan pendengar, dibutuhkan latihan keterampilan menyimak yang konsisten dan berkala. Hal tersebut dinilai sangat dibutuhkan karena tingkat kemampuan menyimak pelajar Indonesia masih 58%, Ayu (dalam Qudus & Yusri, 2017:128). Kemajuan teknologi menawarkan solusi inovatif dan kreatif bagi pendidik dalam memilih sumber bahan ajar lain dan media pembelajaran sebagai pendukung proses kegiatan belajar mengajar di sekolah, salah satunya video pembelajaran pada laman learngerman.dw.com Nicos Weg A1 Wohnen. Tema Wohnen tersebut tersedia dalam materi kurikulum 2013 dengan tema Wohnung, kesamaan tema pada video pembelajaran dan kurikulum tersebut kemudian dianalisis melalui studi pustaka untuk mencari tahu kesesuaian antara video pembelajaran dan materi kurikulum 2013 bahasa Jerman kelas XI semester I. Sumber data pada penelitian ini adalah 4 video pembelajaran Nicos Weg A1 dengan tema Wohnen dan Kurikulum 2013 yang terdapat pada buku pelajaran bahasa Jerman Themen neu Arbeitsbuch (Pelajaran Bahasa Jerman) Lektion 5 sebagai data dari penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis data dari penelitian ini disimpulkan bahwa video Nicos Weg A1 dengan tema Wohnen dinilai kurang sesuai dengan isi materi kurikulum 2013 karena kurang luasnya pembahasan materi pada video pembelajaran sehingga tidak memenuhi semua materi yang tertera pada kurikulum. Pada penelitian ini ditemukan ketidaksesuaian sebanyak 82 Wortschatz yang di dalamnya termasuk kata kerja, kata sifat dan kata benda, untuk Redemittel terdapat 11 yang tidak sesuai. Aspek kesesuaian Wortschatz ditemukan sebanyak 43 dan 6 untuk Redemittel. Selain kesesuaian dan ketidaksesuaian materi, ditemukan pula tambahan kosakta dan ujaran pada video Nicos Weg yang mana hal tersebut tidak ditemukan dalam kurikulum 2013 yakni, 22 Redemittel dan 42 Wortschatz.Kata Kunci: keterampilan menyimak, kesesuaian materi, video pembelajaran