DETAIL DOCUMENT
INTERAKTIVITAS MAHASISWA DENGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI COVID-19 DI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PANGAN UNIVERSITAS TERBUKA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
ARSYA AL-GIFARI (STUDENT ID : 18010714062)
(LECTURER ID : 0014048601)
Subject
Ilmu Pendidikan 
Datestamp
2022-12-23 14:50:18 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk; (1) mengetahui kesesuaian perencanaan dan konten pada video pembelajaran dengan tujuan mata kuliahnya, (2) mengetahui apakah video pembelajaran telah memfasilitasi partisipasi dan interaksi mahasiswa dalam pembelajaran daring, (3) mengetahui kesesuaian aktivitas dan sumber belajar pada video pembelajaran dengan tujuan pembelajarannya, (4) mengetahui kebermanfaatan video pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran daring, (5) mengetahui aksesibilitas video pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran daring oleh mahasiswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dengan survei. Data yang telah dikumpulkan melalui survei dianalisa dengan melihat rata-ratanya. Uji validitas isi dilakukan dengan bantuan ahli untuk menanggapi angket penelitian. Uji validitas konstruk dilakukan dengan aplikasi SPSS. Butir pada kuesioner akan di uji reliabilitasnya dengan cronbachs alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) para responden setuju bahwa konten video pembelajaran interaktif dan sesuai dengan tujuan mata kuliah di kelas daring KIMD4110, (2) Para responden secara umum setuju bahwa video pembelajaran yang mereka tonton memfasilitasi partisipasi dan interaksi dalam proses pembelajaran daring, (3) para responden secara umum menilai cukup setuju bahwa aktivitas dan sumber pembelajaran pada video pembelajaran yang mereka tonton itu interaktif dan dirancangsesuai dengan tujuan pembelajaran, (4) para responden setuju bahwa video pembelajaran yang mereka tonton memiliki aksesibilitas yang ramah terhadap mahasiswa sehingga mempermudah proses belajar daring, dan (5) para responden setuju bahwa video pembelajaran yang mereka tonton di kelasdaring KIMD4110 memiliki kebermanfaatan yang mendukung interaktivitas pembelajaran daring. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya