DETAIL DOCUMENT
PROSESKONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MENGAJUKAN MASALAH DITINJAU DARI GAYA KOGNITIFREFLEKTIF-IMPULSIF
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Annisa Nurul Hidayati (STUDENT ID : 17030174081)
(LECTURER ID : 0018048304)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:47:47 
Abstract :
Penelitianini bertujuan untuk mendeskripsikan proses koneksi matematis siswa dalammengajukan masalah ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif.Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dengan subjek terpilih adalahsatu siswi kelas sebelas dengan gaya kognitif reflektif dan satu siswi dengangaya kognitif impulsif, keduanya berkemampuan matematika tinggi. Subjek dipilihmelalui analisis hasil pengerjaan tes kemampuan matematika (TKM), tes gaya kognitif Matching Familiar Figure Test (MFFT), tes pengajuan masalah (TPM), dan wawancara. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa: (1) Proses koneksi matematis siswa dengan gaya kognitifreflektif dalam mengajukan masalah dilakukan secara terurut. Pada tahapmemahami informasi, siswa mengidentifikasi konsep matematika, konsep ilmu lain,serta hubungannya dengan dunia nyata. Pada tahap menyusun rencana, siswaberencana membuat soal cerita terkait konsep matematika dan ilmu lain yangsudah diidentifikasi. Pada tahap membuat masalah, siswa melakukannya sesuairencana dan memberi alasan yang jelas atas penggunaan informasi untuk soalmaupun penyelesaiannya. Pada tahap memeriksakembali, siswa memastikan kelengkapan informasi pada soal dan juga memeriksakembali kebenaran jawaban dengan membuktikannya. (2) Proses koneksi matematis siswa dengan gaya kognitif impulsifdalam mengajukan masalah dilakukan secara dinamis dan tidak sampai pada tahap memeriksa kembali. Pada tahapmemahami informasi, siswa tidak dapat langsung mengidentifikasi konsepmatematika dan ilmu lain, sehingga memulai proses kembali dengan membacainformasi secara berulang, lalu dilanjutkan menghubungkan dengan konteks dunianyata. Pada tahap menyusun rencana, siswa berencana membuat soal ceritaberkaitan dengan konsep matematika dan ilmu lain yang telah diidentifikasi. Padatahap membuat masalah, siswa menggunakan semua informasi dan tidak memberialasan jelas atas penggunaan informasi tersebut. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya