Abstract :
Penelitianini dilatarbelakangi oleh penglihatan peserta didik tunanetra yang tidak dapatdifungsikan pada proses pengamatan dan observasi pada mata pelajaran IPAsehingga berakibat pada rendahnya pemahaman peserta didik pada mata pelajarantersebut khususnya pada materi yang bersifat abstrak seperti sistem tata surya.Hal ini perlu dicarikan solusi untuk menangani masalah tersebut sesuai dengankarakteristik peserta didik tunanetra yang mengandalkan fungsi inderapendengaran dan perabaannya sebagai pusat penerimaan informasi dari lingkungansekitar. Penelitian ini bertujuan untukmenguji kelayakan dari segi (1) kevalidan, (2) kepraktisan, (3) keefektifanproduk media mock up sistem tatasurya berbantuan taktil audio untuk peserta didik tunanetra. Penelitianpengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis,Design, Development, Implementation and Evaluation). Berdasarkan uji validitasdari beberapa ahli diperoleh hasil; (1) Ahli media 93%; (2) Ahli materiPendidikan Luar Biasa 95%; (3) Ahli materi Sains 79%. Hasil uji kepraktisanmemperoleh hasil respon pengguna yaitu guru 92,5% serta respon peserta didikmendapat rata rata 75,5%. Hasil uji keefektifan menggunakan uji gain dan memperoleh hasil 0,6 yangberarti bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan media mock up. Dapat disimpulkan bahwapengembangan media mock up sistemtata surya berbantuan taktil audio untuk peserta didik tunanetra dianggap layakdigunakan dalam kegiatan pembelajaran.