DETAIL DOCUMENT
PENGARUH GAYA HIDUP DAN KELOMPOK ACUAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA KONSUMEN KEDAI KOPI RUANG TEMU KABUPATEN TULUNGAGUNG)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
BELA FEBRIANA NUR PRATIWI (STUDENT ID : 17080324050)
(LECTURER ID : 0029068601)
Subject
Ekonomika dan Bisnis 
Datestamp
2022-12-23 14:47:42 
Abstract :
Pada era ini, perkembangan zaman dan gaya hidup mendorong ssemakinberkembangnya bisnis kedai kopi kekinian. Hal tersebut ddilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk melepas penat dari aaktivitasyang padat. Menjamurnya kedai kopi kekinian tidak lepas dari pengaruh gaya hidup dan kelompok acuan dalam kehidupansehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh gaya hidup dan kelompok acuan terhadap keputusan pembelian di kedai kopi kekinian Ruang Temu secara simultan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen kedai kopi Ruang Temu, dengan sampel berdasarkan rumus Hair sebanyak 151 konsumen. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, sampel sebanyak 151 konsumen digunakan untuk pengambilan data dengan cara menyebar kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikansi hasil dari analisis variabel gaya hidup (X1) sebesar 0,000 yang berarti secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada kedai kopi Ruang Temu, sedangkan nilai signifikansi hasil dari variabel kelompok acuan (X2) sebesar 0,001 yang berarti secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada kedai kopi Ruang Temu. Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya hidup dan kelompok acuan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian sebesar 60,7% dan 39,3% dipengaruhi oleh variabel independen lainnya.Kata Kunci : Gaya Hidup, Kelompok Acuan, Keputusan Pembelian 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya