DETAIL DOCUMENT
PENGUATAN DI KELAS BERBICARA UNTUK MEMOTIVASI SISWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Yosi Setya Pertiwi (STUDENT ID : 15020084044)
(LECTURER ID : 0011097504)
Subject
Bahasa dan Seni 
Datestamp
2022-12-23 14:39:07 
Abstract :
Bahasa Inggris adalah jembatan komunikasi antara orang-orang di seluruh dunia karena menjadi bahasa global. Keadaan ini membuat bahasa Inggris menjadi kebutuhan bagi orang di seluruh dunia untuk dikuasai. Di sekolah, salah satu keterampilan bahasa yang diharapkan dapat dikuasai siswa adalah ketrerampilan berbicara. Namun, ada beberapa siswa yang mungkin gagal dalam menguasai keterampilan berbicara karena siswa kurang termotivasi. Oleh karena itu, penguatan diperlukan untuk menjadi alat yang memotivasi siswa untuk berbicara bahasa Inggris.Penelitian ini digunakan dalam bentuk penelitian kualitatif sebagai desain penelitian untuk menjawab pertanyaan penelitian. Penelitian ini juga termasuk dalam studi kasus yang menggunakan wawancara, observasi dan dokumen sebagai instrumen utama. Pengamatan dirancang untuk mencari tahu bagaimana guru memperkuat siswa mereka untuk memotivasi mereka dalam kelas berbicara. Di sisi lain, wawancara dirancang untuk mengetahui persepsi siswa tentang penguatan motivasi yang diberikan oleh guru di kelas berbicara. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan wawancara semi-terstruktur. Juga, peneliti menggunakan metode analisis data Ary et al (2010) untuk menganalisis data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa jenis penguatan yang diberikan oleh guru di kelas berbicara. Jenis-jenis penguatan yang diberikan oleh guru tersebut adalah, penguatan positif dan negative. Sebagian besar, guru memberikan penguatan positif kepada siswa. Itu tersirat dari hasil pengamatan. Selanjutnya, temuan menunjukkan bahwa siswa merasa termotivasi dan dihargai di kelas berbicara ketika diberi penguatan. Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa penguatan berperan penting terutama di kelas berbicara. Dengan memberikan penguatan kepada siswa, itu dapat membuat siswa merasa termotivasi dan membuat siswa melakukan yang terbaik dalam kegiatan kelas. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya