DETAIL DOCUMENT
MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI ASAM BASA DI SMA KELAS XI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
RACHMAWATI AFRIDAYANTI (STUDENT ID : 15030194072)
(LECTURER ID : 0015076503)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:38:51 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuikelayakan lembar kerja peserta didik untuk melatihkan keterampilan berpikirkritis melalui model pembelajaran Learningcycle 7E pada materi asam basa di SMA kelas XI yang dikembangkan sebagaimedia pembelajaran. Desain penelitian pengembangan menggunakan Research and Development (R&D) yangdilakukan sampai tahap uji coba terbatas. Tahap uji coba dilakukan secaraterbatas pada 15 peserta didik SMAN 11 Surabaya yang belum mendapatkan materiasam basa. Instrument penilaian terdiri dari lembar validitas, angket responpeserta didik, lembar observasi, tes hasil belajar, dan lembar pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kegiatanpeserta didik (LKPD) dengan model pembelajaran Learning Cycle 7E untuk melatihkan keterampilan berpikir kritispada materi asam basa dapat dikatakan layak yang ditinjau dari validitas,kepraktisan, dan keefektifan LKPD. Validitas LKPD ditinjau dari dari kriteriaisi, kebahasaan, penyajian dan kegrafisan memperoleh persentase berturut-turutyaitu sebesar 87,53%, 83,33%, 85,78%, dan 81,33%. Kepraktisan ditinjau dari angket responpeserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan secara keseluruhan mendapatkanpersentase sebesar 94%. Keefektifan ditinjau dari dari hasil tes keterampilanberpikir kritis yang mengalami peningkatan dengan mendapatkan nilai n-gain score berkisar antara 0,56-1,00dan didukung ketuntasan hasil belajar dengan ketuntasan klasikal yang mencapai100%. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Learning Cycle 7E, Keterampilan BerpikirKritis, Asam Basa. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya