Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
ERVI IFADAH (STUDENT ID : 17030204039)
(LECTURER ID : 0006038005)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Datestamp
2022-12-23 14:47:40
Abstract :
Tujuan daripenelitian ini yaitu menguji keefektifan pembelajaran daring dengan menggunakanlearning management system (GoogleClassroom) dan media sosial (Whatsapp) pada materi Biologi untuk meningkatkanliterasi digital siswa selama pembelajaran jarak jauh masa pandemi Covid-19. Pembelajarandaring merupakan pembelajaran yang menggunakan media teknologi dan jaringan.Pembelajaran daring dapat berpengaruh terhadap literasi digital siswa karenakegiatan berorientasi literasi digital dengan tujuan membiasakan siswa dalammenggunakan teknologi dan jaringan terhadap literasi digital. Literasi digitalyaitu kemampuan dalam mengakses, mengelola, mengevaluasi, dan membuat informasibaru menggunakan media digital. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Sidayu denganjumlah partisipan 30 siswa untuk kelas 11 MIPA 4 dan kelas 11 MIPA 5. Metodeyang digunakan pada penelitian ini yaitu penggabungan metode kuantitatif dankualitatif secara berurutan (Sequentialexplanatory). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaanliterasi digital sebelum dan sesudah pembelajaran daring dengam GoogleClassroom, 2) Terdapat perbedaan literasi digital sebelum dan sesudahpembelajaran daring dengam Whatsapp, 3) Tidak terdapat perbedaan literasidigital antara pembelajaran daring menggunakan Google Classroom dan Whatsapp,4) Siswa memiliki kesadaran literasi digital setelah pembelajaran daring, 5)Pembelajaran daring dengan Google Classroom mendapat respon positif dari siswakarena dapat membantu memudahkan kegiatan pembelajaran, dan pembelajaran denganWhatsapp mendapat respon positif dan negatif karena kegiatan pembelajaaran yangmenarik namun komunikasi yang kurang efektif. Kesimpulannya yaitu pembelajarandaring pada materi Biologi baik menggunakan Google Classroom maupun Whatsappdapat meningkatkan literasi digital siswa.