Abstract :
Sekolahmerupakan sarana dan prasarana untuk setiap manusia dalam melakukan pendidikan.Setiap sekolah pasti memiliki seorang pemimpin yang memimpin dengan baik,kreatif, inovatif, dan bertanggung jawab sehingga mampu menjunjung nama tinggisekolah. Kepala sekolah merupakan pemimpin yang berada disekolah dan memilikiperan penting dalam lembaga pendidikan. Tercapainya prestasi yang mampu di raiholeh peserta didik merupakan salah satu kepemimpinan pembelajaran kepalasekolah. Penelitian ini bertujuan untukmenganalisis dan mengetahui : (1) Perankepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi pesertadidik di SDN Model Banyuwangi; dan (2) strategi kepemimpinan pembelajarankepala sekolah dalam meningkatkan prestasi peserta didik di SDN ModelBanyuwangi. Peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknikuntuk pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi, dan studidokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitureduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan : keteladanan kepalasekolah baik dalam tindakan maupun kedisiplinan, pembinaan profesionalisme guruyang dilakukan kepala sekolah, penerapan supervisi dan kurikulum 2013, sertaprestasi peserta didik. Kata Kunci :kepala sekolah, kepemimpinan pembelajaran, strategi, peran.