Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
ANTI RIVANA RAHMAWATI (STUDENT ID : 17010034075)
(LECTURER ID : 0012076109)
Subject
Ilmu Pendidikan
Datestamp
2022-12-23 14:47:30
Abstract :
AbstrakPeran orang tuasaat memberikan motivasi belajar sangatlah diperlukan selama pembelajarandaring berlangsung. Kuatnya motivasi belajar yang diberikan dapat meningkatkankonsentrasi dan semangat sehingga memperoleh hasil belajar yang optimal. Adanya penelitian ini bertujuanmengetahui peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dinidi TK Dharma Wanita, Tembelang, Jombang dan metode diterapkan ketika anakmengalami beberapa masalah selama proses belajar dengan menggunakan pendekatankualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dandokumentasi dengan menerapkan protokol kesehatan. Berdasarkan hasil penelitian,proses pembelajaran daring berjalan lancar sesuai jadwal dari guru di TK DharmaWanita tetapi beberapa orang tua mengeluhkan tentang kesiapan mereka dalammenghadapi proses belajar di rumah sehingga dalam melakukan perannya kurangoptimal karena terhalang oleh pekerjaan dan kesibukan di rumah. Beberapadiantaranya kurang mahir menggunakan gadget dan anak-anak mengalami perubahansebelum dan setelah diterapkannya pembelajaran daring. Hasil penelitian yangdidapat yaitu orang tua memberikan dorongan dan motivasi , menyediakan waktuuntuk belajar bersama. Beberapa diantaranya sibuk dengan urusan masing-masingdan kurang paham tentang pentingnya belajar pada masa usia dini. Metodemotivasi yang diberikan berupa memberi reward/hukuman, memfasilitasi alat/mediabelajar yang memadai, memberikan pengertian bahwa belajar itu menyenangkan danpenggunaan gadget yang positif, jalan-jalan serta memberikan camilan/makananfavorit anak.