DETAIL DOCUMENT
Pertanyaan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Latihan Pemahaman Membaca dari Buku Teks When English Rings a Bell
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
'iffa Nabila Fahmi (STUDENT ID : 15020084071)
(LECTURER ID : 0025096703)
Subject
Bahasa dan Seni 
Datestamp
2022-12-23 14:44:38 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengidentifikasi pertanyaan-pertanyaan pemahaman bacaan menggunakan tiga tingkat dari keterampilan berpikir tingkat tinggi berdasarkan taksonomi Bloom yang direvisi pada buku teks bahasa Inggris "When English Rings a Bell" kelas 8 SMP yang diantaranya analysis level (C4), mengevaluasi level (C5), dan create level (C6) dan mengkasifikasi pertanyaan membaca HOTS dalam empat dimensi pengetahuan. Menggunakan analisis isi dan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan dalam kegiatan pemahaman membaca hanya untuk memutuskan pertanyaan pemahaman membaca mana mengenai keterlibatan dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi. Hasil analisis menunjukkan bahwa 69 pertanyaan pemahaman bacaan HOTS ditemukan dalam buku teks bahasa inggris, yang paling dominan adalah tingkat analisis sebanyak (48 pertanyaan), diikuti oleh tingkat evaluasi (13 pertanyaan) dan tingkat penciptaan hanya (8 pertanyaan. Juga), hasilnya menemukan bahwa dimensi pengetahuan yang paling banyak digunakan dalam membaca pertanyaan dalam pengetahuan konseptual sebanyak 29 pertanyaan. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya