DETAIL DOCUMENT
Evaluasi Keefektifan Pelaksanaan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis TIK Untuk Guru Pada LPMP Provinsi Sulawesi Barat.
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
DIAN ANATALIA SULISTIANINGTYAS (STUDENT ID : 17070905003)
(LECTURER ID : 0016046402)
Subject
Pascasarjana 
Datestamp
2022-12-23 14:48:44 
Abstract :
ABSTRAKSulistianingtyas Anatalia, Dian. 2021. Evaluasi Keefektifan Pelaksanaan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis TIK Untuk Guru Pada LPMP Provinsi Sulawesi Barat. Pembimbing : (I) Dr. Andi Mariono, M.Pd, dan (II) Dr. Bachtiar S. Bachri, M.Pd. Kata-kata kunci : evaluasi keefektifan, pelatihan pembuatan media, model CIPP Penelitian ini bertujuan untuk memberikan nilai sejauhmana keefektifan pelaksanaan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis TIK untuk guru, mulai dari tujuan penyelenggaraan pelatihan, materi yang disampaikan, kinerja instruktur dan penyelenggara, serta hasil dari pelatihan teserbut.Penelitian evaluasi ini menggunakan model evaluasi CIPP dari Stuffelbeam dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Metode yang digunakan adalah kuisioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah pesera, instruktur dan penyelenggara pelatihan dengan obyek penelitian dokumentasi penyelanggaraan pelatihan pembuatan media berbasis TIK, kinerja Instruktur, dan hasil karya serta laporan pengimbasan dari peserta pelatihan. Berdasarkan hasil penelitian evaluasi keefektifan pelaksanaan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis TIK untuk guru pada LPMP Sulawesi Barat dapat disimpulkan (1) Aspek Konteks adalah adanya kesuaian tujuan dari dilaksanakannya program pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis TIK dengan Visi, Misi Tupoksi LPMP Sulawesi Barat. Sebagai aspek masukan yang dipersiapkan oleh penyelenggara adalah menyediakan Instuktur yang berkompeten, materi pembelajaran yang menarik. Penyelenggara dan panitia menyiapkan sarana dan prasarana yang baik untuk menunjang keterlaksanaan pelatihan ini. Sesuai dengan Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Pengembangan milik Pusdiklat Kemendikbud, pelayanan pelatihan dinilai sangat efektif diangka 93% dan dinyatakan cukup efektif di angka 7%. (3) Pada aspek proses, peserta pelatihan menilai bahwa kinerja Instruktur pelatihan sangat efektif, sebanyak 95% responden memberi penilaian efektif dan sisanya 5% memberikan penilaian baik sekali untuk kinerja Instruktur. (4) Aspek Produk, keberhasilan dari pelaksanaan pelatihan ini juga dapat kita lihat pada akhir pelaksanaan kegiatan, karena ada penugasan pembuatan karya dan pengimbasan bagi guru peserta pelatihan. Persentase guru yang dapat memenuhi syarat penugasan adalah untuk karya video ada 95% atau sekitar 40 orang guru dari total 42 orang peserta, sedangkan untuk pengimbasan terdapat 39 guru yang menyerahkan laporan pengimbasan atau sekitar 93%. Jika dilihat secara garis besar tiap aspek konteks, masukan, proses dan input dapat kita simpulkan bahwa penyelenggaraan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis TIK (produksi video pembelajaran) untuk guru pada LPMP Sulawesi Barat berjalan dengan efektif. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya