DETAIL DOCUMENT
Penerapan Strategi Umpan Balik Teman dalam Pengajaran Menulis Teks Recount
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Siti Mualifah (STUDENT ID : 15020084036)
(LECTURER ID : 0025096703)
Subject
Bahasa dan Seni 
Datestamp
2022-12-23 14:45:38 
Abstract :
Umpan balik teman adalahstrategi yang dapat digunakan oleh guru ketika melakukan pengajaranmenulis. Prosedur strategi inimemungkinkan siswa untuk bekerja secara kooperatif di dengan teman. Siswa juga dapat memberikan komentar padatulisan teman sekelas mereka sehingga medapatkan hasil tulisan yang lebihberkualitas. Namun, ada beberapa masalahdihadapi oleh siswa dalam memberikan umpan balik, seperti kurangnya pemhamantentang grammar, terbatasnya kosakata bahasa inggris untuk memberikanfeedback dan sulitnya memahami instruksi. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif untukmendeskripsikan strategi umpan balik teman dalam mengajar menulis teks Recount. Subjek penelitian ini adalah guru kelas X SMKNegeri 1 Driyorejo, Gresik. Instrumenpenelitian adalah catatan lapangan dan wawancara. Selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwalangkah-langkah dalam menerapkan strategi umpan balik teman dalam mengajar menulisteks Recount adalah (1) Tahap sebelum umpan balik tekan termasuk brainstoming, memperkenalkanumpan balik teman dalam menulis, menulis draf, dan melatih proses umpan balikteman, (2) Tahap pelaksanaan umpan balikteman di mana siswa memulai umpan balik dengan teman mereka dan guru memantaudan juga membantu siswa saat melakukanproses umpan balik teman (3) Tahap setelah umpan balik teman berdasarkan umpanbalik rekan mereka. Selanjutnya, masalahdalam menerapkan strategi umpan balik teman dalam mengajar menulis teks Recountadalah karakteristik siswa, membuat kelompok umpan balik teman yang efektif,dan menyiapkan bagian pelatihan sebagai pedoman strategi umpan balik teman.Kata Kunci: umpan balik, mengajar menulis, teks recount. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya