DETAIL DOCUMENT
Pengelolaan Layanan Keterampilan Vokasional Siswa Tunarungu
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Wika Berliana Cendaniarum (STUDENT ID : 16010714063)
(LECTURER ID : 0016057703)
Subject
Ilmu Pendidikan 
Datestamp
2022-12-23 14:43:24 
Abstract :
Pendidikan inklusif merupakan suatubentuk penyelenggaraan pendidikan yang dapat menyatukan anak-anak berkebutuhankhusus dengan anak-anak normal untuk mendapatkan layanan akademik maupunlayanan non akademik. Anak berkebutuhan khusus ialah anak yang memilikikarakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa menunjukkanpada ketidakmampuan mental, sosial emosional, maupun fisik. Metodepenelitian ini menggunakan data sekunder yang bersumber dari literatur maupunreferensi-referensi baik buku ataupun jurnal. Hasil penelitian kajian literatur ini yaitumendeskripsikan tentang keterampilan vokasional bagi anak berkebutuhan khususrungu (tuna rungu). Anak tunarungu mengalami keterbatasan dalam akademik, namuntidak menutup kemungkinan mereka mampu berkarya pada bidang keterampilanvokasional ini. Layanan keterampilanvokasionaljuga menjadi program utama dalam membekali pribadi individu saat transisipasca sekolah nanti. Keterampilan vokasional meliputi tata kecantikan, tataboga, dan sablon. Layanan ini didukung dengan fasilitas sarana dan prasaranayang lengkap berupa alat dan bahan yang baik, serta ruangan khusus dan guruyang berpengalaman dibidang keterampilan masing-masing.KataKunci : Pendidikan inklusif,keterampilan vokasional, siswa tunarungu 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya