DETAIL DOCUMENT
Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
ANGESTI RIDANINGTYAS (STUDENT ID : 16010714009)
(LECTURER ID : 0016057703)
Subject
Ilmu Pendidikan 
Datestamp
2022-12-23 14:48:02 
Abstract :
Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui, menjelaskan, dan menganalisiskepemimpianan pembelajaran kepala sekolah sebagai langkah dalam meningkatkanhasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan adalah menggunakan metodestudi literatur dengan pendekatan penelitian konseptual terkait ide serta teori.Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan hasil belajar peserta didikmerupakan elemen terpenting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Agar mampumeningkatkan kualitas pendidikan, kepala sekolah harus melakukan pembelajaranyang baik dalam kepemimpinanya. Berdasarkan model kepemimpinan pembelajaranyang diungkapkan oleh Weber dan Murphy dapat disimpulkan bahwa kepemimpinanpembelajaran yang baik harus mencakup kegiatan meliputi, mengembangkan visi,misi dan tujuan sekolah, mengembangkan program pembelajaran yang dapat memenuhikebutuhan, mengembangkan iklim pembelajaran yang akademis, menciptakanlingkungan kerja yang mendukung dan menerapkan penilaian pembelajaran yangmenyeluruh. Kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah merupakan suatu konstrukmultidimensi yang terfokus tentang bagaimana kepala sekolahmengorganisir serta melakukan tugas koordinasi dalam kehidupan kerja disekolah.Dalam menciptakan kepemimpinan pembelajaran yang efektif diperlukan hubunganyang sinergis dengan seluruh warga sekolah. Kata kunci : kepemimpinanpembelajaran, kepala sekolah, hasil belajar 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya