Abstract :
Sucahya,Deni Adi. 2021. Pengaruh Project-based Learning (PjBL) Terhadap HasilBelajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut di SMK Maskumambang 1Gresik Ditinjau dari Keterampilan Kolaborasi. Proposal Tesis, Program StudiPendidikan Teknologi dan Kejuruan, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.Pembimbing: (I) Dr. Drs. H. Muhaji, S.T., M.T., dan (II) Dr. Hj. Euis Ismayati,M.Pd. Penelitianini bertujuan untuk: (1) menganalisis perbedaan hasil belajar antara siswa yangbelajar menggunakan PjBL dengan siswa yang belajar menggunakan MPL; (2)menganalisis perbedaan hasil belajar antara siswa dengan keterampilankolaborasi tinggi dan siswa dengan keterampilan kolaborasi rendah; dan (3)menganalisis interaksi antara model pembelajaran dan keterampilan kolaborasiterhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TPB kelas XI TPm di SMKMaskumambang 1 Gresik. Penelitianini berjenis kuasi eksperimen dengan pendekatan kuatitatif yang mengacu padadesain faktorial 2x2. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI TPm yang mengampumata pelajaran teknik pemesinan bubut (TPB) di SMK Maskumambang 1 Gresik.Terdapat tiga instrumen yang digunakan yaitu soal tes untuk mengukur hasilbelajar ranah kognitif, lembar pengamatan untuk mengukur hasil belajar ranahafektif, psikomotor (sikap siswa saat praktikum), dan keterampilan kolaborasi.Selain itu, hasil belajar ranah psikomotor juga diukur melalui laporanpraktikum. Uji validitas instrumen dilakukan melalui validasi para ahli dankelas uji coba. Uji normalitas data menggunakan uji kolmogorov-smirnov,uji homogenitas variansi data menggunakan uji levenes, sedangkan ujihipotesis menggunakan uji Anava dua jalur. Hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa menggunakan modelpembelajaran PjBL (ranah kognitif = 81,7650, ranah afektif = 81,2588, ranahpsikomotor = 79,8794) lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan siswayang menggunakan MPL (ranah kognitif = 76,8624, ranah afektif = 76,6706, ranahpsikomotor = 77,9500); (2) hasil belajar siswa dengan keterampilan kolaborasitinggi (ranah kognitif = 82,90, ranah afektif = 82,95, ranah psikomotor =79,77) lebih tinggi secara signifikan jika dibanding dengan siswa denganketerampilan kolaborasi rendah (ranah kognitif = 77,34, ranah afektif = 76,35,ranah psikomotor = 78,06 ); (3) terdapat interaksi secara signifikan antaraketerampilan kolaborasi dengan model pembelajaran yang dapat dilihat dari hasilbelajar siswa (kognitif = 39,850, afektif = 44,413, psikomotor = 20,793) padaMata Pelajaran Teknik Permesinan Bubut X TPM di SMK Maskumambang 1 Gresik. Katakunci: project-basedlearning, hasil belajar, keterampilan kolaborasi, mata pelajaran teknikpemesinan bubut