DETAIL DOCUMENT
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
AN-NABILA AULIA SHOFA (STUDENT ID : 18030194015)
(LECTURER ID : 0015076503)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:48:54 
Abstract :
Penelitian ini memiliki tujuan yangdiharapkan untuk menguraikan (1) keterlaksanaan model pembelajaran kooperatiftipe NHT berbasis blended learning,(2) aktivitas peserta didik, (3) motivasi belajar, (4) hasil belajar, dan (5)respon peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Sasaran yang dituju adalahpeserta didik kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 19 Surabaya. Hasil penelitiandiperoleh (1) Keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis blended learning diperoleh persentasepertemuan pertama sebesar 95,24% dan pertemuan kedua sebesar 98,81% dengankeduanya termasuk kategori sangat baik. (2) Aktivitas peserta didik sangat baikdengan persentase pada pertemuan I dan II adalah 98,53% dan 98,64%. (3)Peningkatan motivasi belajar sebelum dan sesudah diberikan model pembelajarandengan persentase dari 74,88% menjadi 85,32%, (4) Peningkatan hasil belajarpeserta didik dapat dilihat dari skor N-Gain sebesar 0,749 dengan kriteriatinggi. (5) Respon peserta didik dalam kategori sangat baik dengan persentasesebesar 95,83%. Simpulan penelitian ini yakni motivasi dan hasil belajarpeserta didik pada materi laju reaksi mengalami peningkatan sebagai akibat daripenerapan model pembelajaran koopearatif tipe NHT.Kata kunci: Kooperatiftipe NHT; Motivasi Belajar; Hasil Belajar; Laju Reaksi 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya