Abstract :
Perkembanganteknologi dan informasi dalam pendidikan menghadirkan bentuk buku ajar yangberagam. Penelitian ini bermaksud untuk memaparkan pengembangan buku ajarinteraktif dan keefektifan penggunaan buku tersebut. Hasil akhir daripenelitian ini berupa produk buku ajar interaktif Layanan Lembaga KeuanganSyariah berbasis scientific approach yang dapat digunakan oleh siswa. Prosedurpenelitian merujuk pada model Four D berdasarkan teori Thiagarajan Semmeldan Semmel yang dilakukan secara lengkap tanpa mengecualikan satu tahap pun.Instrumen pengumpulan data berasal dari angket terbuka dan tertutup yangmasing-maisng dianalisis secara deskriptif kualiatatif dan deskripstifkuantitatif. Hasil uji kelayakan yang dijalankan oleh ahli, dijelaskan denganhasil sangat layak bahwa produk tersebut dapat diterapkan sebagai sumberbelajar dalam mata pelajaran ini. Uji coba secara terbatas dilakukan pada 20siswa yang berasal dari SMK Negeri 1 Lamongan kelas XII Perbankan Syariah memberikankriteria sangat positif terhadap produk yang dikembangkan.KataKunci: Buku Ajar Interaktif, Layanan Lembaga KeuanganSyariah, Scientific Approach