Abstract :
Tujuan penelitianini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC terhadapkemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatankuantitatif dengan jenis eksperimen tipe quasieksperimental. Rancangan penelitiannya menggunakan nonequivalent control group design. Sampelyang digunakan ialah siswa kelas V UPT SD Negeri 218 Gresik yang berjumlah 50siswa dan dibagi dalam dua kelas, yakni kelas kontrol dan eksperimen. Teknikpengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Teknik analisis datamenggunakan uji t dengan jenis independentsample t-test. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa rata-ratanilai post-test pada kelas eksperimensebesar 75,2 yang mana nilai tersebut lebih tinggi dibandingkan pada kelaskontrol sebesar 61,2. Dari hasil uji t diperoleh nilai thitung lebihbesar dari ttabel, yaitu thitung = 3,414 > ttabel= 1,677) sehingga Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modelpembelajaran Cooperative IntegratedReading And Composition (CIRC) memberikan pengaruh terhadap kemampuanmembaca pemahaman pada siswa kelas V sekolah dasar.Kata Kunci: model pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC, kemampuanmembaca pemahaman, sekolah dasar.