Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Chiquitita Rarasati Putri (STUDENT ID : 17020504032)
(LECTURER ID : 0025087404)
Subject
Bahasa dan Seni
Datestamp
2022-12-23 14:47:29
Abstract :
Iklan mempunyai peran penting untuk mencapai keberhasilanpenjualan suatu produk perusahaan. tentunya perusahaan harusmembuat sebuah inovasi periklanan yang menarik agarmeningkatkan penjualan. Oleh sebab itu, bahasa yang digunakandalam iklan harus menggunakan kalimat yang memiliki artikiasan serta bentuk permainan katanya yang menarik konsumen.Hal ini sesuai jika menggunakan ungkapan bermakna idiomatisatau Redensart. Namun, sering kali ditemukan makna-maknaambigu didalam Redensart. Makna ambigu tersebut menjadi latarbelakang penelitian ini dilakukan. Ungkapan bermakna idiomatisatau Redensart perlu dianalisis lebih dalam agar pembaca tidakmengalami kesalahpa- haman dalam memahami arti dari iklantersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentukdan makna Redensart pada Iklan Coklat Ritter Sport. Adapundata yang diperoleh berupa 5 iklan coklat Ritter Sport yangdiunduh melalui laman website Ritter Sport. Penelitian inidianalisis menggunakan teori dari Hessky/Ettinger. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 macam bentukmetaphorische Redensart dan 1 bentuk remotivierbare Redensartyang ditemukan dalam iklan coklat Ritter Sport. Mengacu padabentuknya, metaphorische Redensart ditandai denganpenggunaan konsep bagian tubuh manusia dalam penggunaanidiomnya. Sedangkan bentuk remotivierbare Redensart ditandaidengan penggambaran sebuah perbuatan atau tindakan sesuaidengan kenyataan maupun sebuah peristiwa dari pengetahuanluar bahasa. Dari segi makna, makna idiomatis dari iklan coklatRitter Sport dapat ditemukan di dalam kamus Redensart, akantetapi dalam pemaknaannya juga perlu interpretasi tambahansesuai dengan konteks dalam iklan, karena banyak idiom yangsudah dimodifikasi oleh Ritter Sport demi kepentinganpengiklanan produk coklatnya.