Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
RENY YULFIANI (STUDENT ID : 16030194044)
(LECTURER ID : 0015097203)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Datestamp
2022-12-23 14:42:36
Abstract :
Penelitianini bertujuan untuk mendiskripsikan keterlaksanaan Problem Based Learning, aktivitas, keterampilan berpikir kritisserta respon peserta didik dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materiasam basa. Design yang digunakanyaitu One Group Pretest Posttest Design dengansubjek penelitian sebanyak 32 peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 17Surabaya. Penelitian ini menghasilkan: (1) keterlaksanaan pembelajaranmenggunakan model PBL mendapatkan hasil nilai rata-rata secara berurutan padapertemuan satu dan dua sebesar 3,60 dan 3,76, dengan kriteria sangat baik (2)Peserta didik melakukan aktivitas relevan dalam arti peserta didik telahberlatih KBK dan beraktivitas sesuai dengan sintaks model PBL. aktivitasrelevan peserta didik secara berurutan pada pertemuan pertama dan pertemuankedua sebesar 98,75% dan 97,7%.(3) KBK peserta didik mengalami peningkatan,secara keseluruhan nilai pretest dan posttest peserta didik memperolehpersentase N-Gain score 0,3 dalamkategori sedang dan tinggi yaitu 90,63% peserta didik masuk dalam kategoritinggi dan 9,38% masuk dalam kategori sedang. Persentase masing-masing komponen interpretasi,inferensi dan analisis kategori tinggi berturut-turut sebagai berikut 78,13%;81,25% ;90,63%, dan kategori sedang 21,88%;18,75%; 9,28%. Hal ini menunjukkanbahwa KBK peserta didik telah terlatihkan menggunakan model PBL. (4) Respon peserta didik padapembelajaran yang mengunakan model PBL yang digunakan untuk melatihkan KBK dapat dikatakan sangat baik. Sebanyak 93,75%peserta didik memberikan respon positif terhadap pembelajaran. Kata kunci:PBL, Keterampilan berpikir kritis, Asam basa.