DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MATA PELAJARAN IPS BAGI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 TAMAN SIDOARJO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
SEPTIANI DUWI NOVITA SARI (STUDENT ID : 16010024066)
(LECTURER ID : 0005106404)
Subject
Ilmu Pendidikan 
Datestamp
2022-12-23 14:41:36 
Abstract :
AbstrakBerpikirkritis dalam mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 2 Taman Sidoarjo inimasih kurang, hal ini dibuktikan dengan adanya hasil belajar nilai siswa padasaat ulangan harian yang kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimum. Oleh karenaitu untuk meningkatkan kemampuan pemecahan siswa dengan berpikir kritis yangberpengaruh pada meningkatnya nilai hasil belajar siswa perlu diberikan modelpembelajaran yang menarik sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa salahsatunya dengan diberikan model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran ProblemBased Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah agar meningkatnya hasilbelajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Interaksi Sosial kelas VIII di SMPNegeri 2 Taman Sidoarjo. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupaangka-angka dan analis statistik, untuk mengolah data penelitian inimenggunakan metode kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dan menggunakandesain Pretest-Posttest Control Group Design,dimana ada 2 kelas eksperimen dan1 kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Taman Sidoarjo dansubjek penelitiannya siswa kelas VIII. Teknik analis data yang digunakan adalahanalisis observasi dan analisis data tes.Hasil penelitian diketahui perhitungan pretest uji hipotesis diperoleh Fhitung= 1,35 pada Ftabeldengan dk pembilang 3-1= 2 dan dk penyebut 96-3= 93, maka harga Ftabel=3,09, sedangkan hasil perhitungan post-test hipotesis diperoleh Fhitung= 2,2 pada Ftabeldengan dk pembilang 3-1= 2 dan dk penyebut 96-3= 93, maka harga Ftabel=3,09. Maka dapat disimpulkan dari kedua hasil tes tersebut bahwa sangat jelasadanya pengaruh yang signifikan terhada model pembelajaran Problem BasedLearning terhadap hasil belajar kelas VIII mata pelajaran IPS materiInteraksi Sosial Subbab Pluralitas Masyarakat Indonesia dan Kebangsaan. KataKunci : Pengaruh Problem Based Learning, KemampuanPemecahan Masalah, IPS. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya