DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MEDIA QUIPPER SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI GERAK HARMONIK SEDERHANA DI SMA KELAS X
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
NUR WAHYU HIDAYAT (STUDENT ID : 15030184095)
(LECTURER ID : 0003116406)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:38:54 
Abstract :
Telah dilakukan penelitian dengan judul penerapan media quipper school untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa pada materi gerak harmonik sederhana di sma kelas x. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keteralaksanaan pembelajaran di kelas, mendeskripsikan hasil belajar siswa, dan mendeskripsikan respon siswa setelah diterapkan media quipper school pada materi gerak harmonik sederhana. Jenis penelitian ini adalah penelitian true experiment dengan teknik analisis data Statistik Korelasi product moment desain non equivalent control group design, karena menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Porong pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 tepatnya pada tanggal 16 April 25 April 2019. Subyek penelitian yaitu kelas X IPA 5 (kelas eksperimen) X IPA 6 (kelas kontrol). Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar tes hasil belajar (pre test dan post test), lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, serta analisis angket respon siswa. Hasil dianalisis dengan uji t berpasangan dan uji n-gain score. Rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen sebesar 89,87% dan kelas kontrol sebesar 87,37% kedua kelas dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian menujukkan hasil belajar siswa dikedua kelas mengalami peningkatan belajar yang signifikan yang dibuktikan oleh uji t. Tingkat peningkatan n-gain score di kelas eksperimen rata-rata sebesar 0,8 termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol mendapat n-gain score rata-rata sebesar 0,3 termasuk dalam kategori sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa kenaikan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi. Media quipper school membantu 94% siswa mencapai nilai kkm di kelas eksperimen. Media quipper school efektif meningkatkan hasil belajar fisika siswa dengan nilai rata-rata persentase efektif sebesar 77% dan cukup efektif sebesar 23% di kelas eksperimen. Respon siswa kelas eksperimen menujukkan nilai positif dengan rata-rata persentase 81% dikategori sangat baik. Kata kunci: media quipper school, hasil belajar fisika, gerakharmonik sederhana  

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya