Abstract :
Pendidikan adalah suatu pengembangan kemampuan seseorang agar seseorang tersebut bisa mengontrol lingkungan dan bisa memenuhi apa yang dibutuhkan. PJOK memiliki sebuah peran yang penting karena PJOK memberi kesempatan untuk mengekspresikan kreativitas siswa. Pembelajaran PJOK tidak hanya bertujuan mengembangkan aspek keterampilan seseorang, tetapi juga mengembangkan aspek pengetahuan serta sikap seseorang, karena aspek-aspek tersebut saling berhubungan satu sama lain. Hasil belajar merupakan suatu indikator yang dapat digunakan untuk memperkirakan tingkat keberhasilan proses belajar. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara hasil belajar aspek pengetahuan dengan aspek keterampilan di UPT SDN 25 Gresik pada pembelajaran PJOK materi senam lantai. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif non-eksperimental. Sampel yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah 26 siswa UPT SDN 25 Gresik. Teknik yang digunakan untuk pemilihan sampel adalah teknik cluster random sampling. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 26 siswa. Data penelitian pada penelitian ini adalah nilai ranah pengetahuan dan nilai ranah keterampilan pada materi senam lantai. Peneliti menganalisis menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara hasil belajar ranah pengetahuan dengan ranah keterampilan pada pembelajaran PJOK materi senam lantai dengan hasil nilai 0,000 < 0,05 dengan sumbangan sebesar 42,1 %Kata Kunci: hasil belajar; senam lantai; PJOK