Abstract :
Pada penelitianini memilih media pintu berkantong yangdigunakan untuk mengenalkan huruf vokal pada anak kelompok A di TK NitasariGubeng Surabaya. Pemilihan media ini dimana nantinya digunkan saat sebelumpembelajaran yang dimana anak dapat serta menyebutkan kata benda, nama binatangatau buah yang berawalan huruf vokal. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui pengaruh media pintu berkantong terhadap kemampuan mengenalhuruf vokal pada perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun di TK NitasariSurabaya dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berbahasa atau mengenalsuku kata . Subyek dari penelitian ini berjumlah 41anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif denganmetode Quasi eksperimen, Teknik pengumpulan data yangdilakukan adalah dengan lembar observasidan dokumentasi. Teknikanalisis data menggunakan statistik parametrik. Dari hasil perhitungan SPSS menunjukkan nilaisignifikansi 2 tailded yaitu .000 < 0.05 maka dapat disimpulkan adanyapengaruh media pintu berkantong terhadap kemampuan mengenal huruf vocal padaanak kelompok A di TK Natisari GubengSurabaya secara siginifikan. Hal ini sudah diperkuat dengan hasil statitikdeskriptif pada kelas eksperimen yang menunjukkan peningkatan kemampuanmengenal huruf vokal pada anak kelompok A di TK Natisari Gubeng Surabaya sebesar 30.9 hasil ini jauh berbedadengan kelas kontrol yaitu sebesar 18.95. Sehingga media pintu berkantongsangat cocok untuk mengembangkan kemampuan mengenal huruf vocal pada anak. Selain memperluas kata dalam huruf vocal pada anak penggunaan media ini bisa menjadikanvariasi pembelajaran di kelas untukmenarik minat dan semangat belajar anak. Kata kunci: media pintu berkantong, hurufvokal