DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN SIMULASI LAB VIRTUAL DALAM MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA MATERI GELOMBANG MEKANIK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
RINA OKTAFIA (STUDENT ID : 15030184054)
(LECTURER ID : 0014127603)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:38:19 
Abstract :
Miskonsepsiadalah suatu kondisi akan banyaknya konsepsi dalam pemahaman siswa yang kurangsesuai dengan pengetahuan ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahuiprofil pemahaman konsep siswa pada materi gelombang mekanik menggunakan modelCRI (certainty of response index); 2)mendeskripsikan keterlaksanaan model guideddiscovery berbantuan simulasi lab virtual dalam mereduksi miskonsepsi siswamateri gelombang mekanik; 3) menganalisis penurunan miskonsepsi siswa setelah pembelajarandan 4) mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran yang diterapkan. Jenispenelitian yang digunakan yaitu pre-experimental design dengan rancangan one-group pretest posttest design. Sampelpenelitian ini Sampel penelitian ini diambil secara acak (random sampling) yaitu kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 SMANegeri 3 Kota Mojokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) miskonsepsitertinggi pada materi gelombang mekanik yaitu pada konsep panjang gelombang,faktor cepat rambat dan sifat gelombang; 2) model pembelajaran guided discovery berbantuan simulasi labvirtual dalam mereduksi miskonsepsi siswa materi gelombang mekanik pada XI MIPA1, XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 secara masing-masing terlaksana dengan sangat baik; 3)dapat mereduksi secara signifikan miskonsepsi gelombang mekanik pada kelaseksperimen, replikasi 1 dan replikasi 2 dengan penurunan sebesar -0,52; -0,64dan -1,11. Dan konsisten menurunkan miskonsepsi saat diterapkan pada ketigakelas ; 4) respon positif siswa terhadap pembelajaran tiap masing-masing kelas tergolongkriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwamodel pembelajaran guided discoveryberbantuan simulasi lab virtual dapat mereduksi miskonsepsi siswa materigelombang mekanik.Kata Kunci :Miskonsepsi, Guided Discovery BerbantuanSimulasi Lab Virtual, Gelombang Mekanik 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya