Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
TYO WILDAN AFRIZAL FARDANI (STUDENT ID : 19070895019)
(LECTURER ID : 0015056104)
Subject
Pascasarjana
Datestamp
2023-09-01 01:23:35
Abstract :
@font-face{font-family:"Cambria Math";panose-1:2 4 5 3 5 4 6 3 2 4;mso-font-charset:0;mso-generic-font-family:roman;mso-font-pitch:variable;mso-font-signature:-536870145 1107305727 0 0 415 0;}@font-face{font-family:Calibri;panose-1:2 15 5 2 2 2 4 3 2 4;mso-font-charset:0;mso-generic-font-family:swiss;mso-font-pitch:variable;mso-font-signature:-536859905 -1073732485 9 0 511 0;}p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal{mso-style-unhide:no;mso-style-qformat:yes;mso-style-parent:"";margin:0cm;text-align:justify;line-height:150%;mso-pagination:widow-orphan;font-size:12.0pt;font-family:"Times New Roman",serif;mso-fareast-font-family:"Times New Roman";mso-ansi-language:IN;}.MsoChpDefault{mso-style-type:export-only;mso-default-props:yes;font-size:11.0pt;mso-ansi-font-size:11.0pt;mso-bidi-font-size:11.0pt;font-family:"Calibri",sans-serif;mso-ascii-font-family:Calibri;mso-ascii-theme-font:minor-latin;mso-fareast-font-family:Calibri;mso-fareast-theme-font:minor-latin;mso-hansi-font-family:Calibri;mso-hansi-theme-font:minor-latin;mso-bidi-font-family:"Times New Roman";mso-bidi-theme-font:minor-bidi;mso-ansi-language:EN-US;}.MsoPapDefault{mso-style-type:export-only;line-height:150%;}div.WordSection1{page:WordSection1;}Penelitian ini merupakan penelitiankuantitatif dengan menggunakan desain pre eksperimen one grouppretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelasX Teknik Komputer Jaringan (TKJ) di SMK Negeri Sumberejo, dengan sampelberjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tesawal (pretest) kepada satu kelompok. Kemudian diberi perlakuan (treatment)dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan STEAM,selanjutnya diberikan tes akhir (posttest). Teknik analisis datameliputi: (1) statistik deskriptif, (2) Uji T Paired Sample Test, dan(3) Uji N-gain.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil survei Programmefor International Student Assessment (PISA) yang telah diumumkan TheOrganisation for Economic Co-operation and Development (OECD) pada tahun2018 memperlihatkan bahwa dalam kategori kemampuan membaca, sains, danmatematika, skor Indonesia menduduki peringkat ke-74 dari 79 negara. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui: (1) terdapat tidaknya peningkatan hasil belajarsiswa yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaranberbasis masalah dengan pendekatan STEAM, (2) terdapat tidaknya peningkatankemampuan berpikir kritis siswa yang signifikan antara sebelum dan sesudahmenggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan STEAM, dan(3) aktivitas siswa saat menggunakan model pembelajaran berbasis masalah denganpendekatan STEAM.Hasil hitung uji SPSS menggunakan pairedsample t test antara nilai pretest dan nilai posttest. Jika nilaiSig. > 0,05 maka H0 diterima, sedangkan jika Sig. < 0,05 makaH0 ditolak. Hasil uji paired sample ttest pada hasil belajar ranah kognitif ialah sebesar 0,000 atau sig <0,000, sedangkan hasil uji pairedsample t test pada kemampuan berpikir kritis ialah sebesar 0,000 atau sig< 0,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yangsignifikan pada hasil belajar ranah kognitif dan kemampuan berpikir kritissiswa. Total skor rata-rata untuk hasil aktivitas belajar siswa dari duapertemuan sebesar 84,475 kategori sangat tinggi.