Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkatpembelajaran fisikamodel kooperatif tipe STAD dengan pendekatan ARCS yang layak dan mampu melatihkankemampuan berpikir kreatif siswa SMA. Pengembangan perangkat pembelajaran meliputi RPP, LKS, Handout untuk siswa dan instrumen tes kemampuan berpikir kreatif padamateri fluida statis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif meliputi empat tahap yaitu model pengembangan4D (design, define, develop,dessiminate)diadaptasi menjadi Model 4P, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan danpenyebaran.Peneliti memberikan pembelajaran model kooperatif tipe STAD dengan pendekatanARCS kepada siswa SMA Antartika Sidoarjo kelas X sebanyak tiga kelas berjumlahtotal 90 siswa. Ujicoba hasil pengembangan menggunakan One Group Pre-test and Post-test Design. Data yang didapatkanberupa validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan diperoleh dari tigavalidator, data kepraktisan berupa keterlaksanaan dari dua orang pengamatdilengkapi data kendala saat pembelajaran berlangsung. Teknik analisis datamenggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Jumlahpeningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa diuji dengan Uji Anova DuaJalur (Two Way Anova). Hasilpenelitian menunjukkan 1)Validitas perangkat pembelajaran ditinjau dari hasil validitas perangkat berkategori sangat valid; (2) Kepraktisan perangkat pembelajaranditinjau dari: (a) KeterlaksanaanRPP sangat baik, (b)Aktivitaspeserta didik berkategori aktif, (c) Keterbacaan Handout yang memperolehrespon positif, (d) kendala-kendala selama pembelajaran dapat diatasi; (3)Keefektifan perangkat pembelajaran ditinjau dari: (a) tes keterampilan berpikir kreatif yangmeningkat secara signifikan di setiap kelas, (b) Respon peserta didik sangat baik. Simpulanpenelitian ini adalah perangkat pembelajaran Fisika dengan Model KooperatifMenggunakan Pendekatan ARCS pada siswa SMAkelas X materi FluidaStatis yang dikembangkan penelitilayak dipergunakan untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif siswa.