DETAIL DOCUMENT
Kesalahan Penggunaan Kata Pelengkap Arah pada Mahasiswa Angkatan 2016 Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Surabaya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
AINUN FAQIH (STUDENT ID : 13020774054)
(LECTURER ID : 0023036106)
Subject
Bahasa dan Seni 
Datestamp
2022-12-23 14:38:47 
Abstract :
Saatini ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang dengan pesat, maka tentuketerampilan berbahasa sangat dibutuhkan untuk dimiliki, tidak hanyamempelajari satu bahasa asing melainkan dua atau bahkan lebih. Salah satunyaadalah bahasa Mandarin. Bahasa Mandarin merupakan bahasa internasional keduasetelah bahasa Inggris, dengan melihat pentingnya bahasa Mandarin, pada tahun2010 Universitas Negeri Surabaya yang merupakan salah satu universitas yangberada di Indonesia membuka program studi Pendidikan Bahasa Mandarin. Dalammempelajari bahasa Mandarin, mahasiswa sering menemui kesulitan saatmenggunakan struktur kalimat bahasa Mandarin dengan baik dan benar. Salahsatunya adalah penggunaan kata pelengkap arah dan .Penelitianini membahas bentuk kesalahan penggunaan kata pelengkap arah dan sertafaktor penyebabnya yang dilakukan oleh mahasiswa angkatan 2016. Teknikanalisis dalam penelitian ini menggunakan deskriptif dan kuantitatif dengan intrumenpenelitian berupa soal dan angket. Teori yang digunakan dalam penelitian iniadalah teori Tarigan. Data penelitian dalam penelitian ini adalah kesalahankata pelengkap arah yang diperoleh dari hasil jawaban mahasiswa dan angketmahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bentuk kesalahan mahasiswadan faktor penyebab kesalahan.Hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa ProdiPendidikan Bahasa mandarin Unesa angkatan 2016 adalah salah formasi dan salahsusun. Kesalahan formasi terdapat pada bagian soal A dan C, kode soal Amerupakan mengisi kalimat rumpang dan kode soal C menentukan kalimat benar atausalah, persentase kesalahan salah formasi sebanyak 97%. Sedangkan kata salahsusun terdapat pada bagian soal B dan C, kode soal B merupakan memili kalimatyang benar dan kode soal C menentukan kalimat benar atau salah. Persentasekesalahan salah susun sebanyak 69%Terjadinyapenyebab kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa adalah kurangnya penguasaanmateri tentang kata pelengkap arah dan serta kerumitanstruktur kalimat yang sangat berbeda dengan struktur bahasa Indonesia. Untukmeminimalisasi kesalahan, pebelajar bahasa mandarin hendaknya lebih memahamifungsi dan perbedaan kata pelengkap arah dan ,lebih seringmempraktikkan, dan lebih banyak bertanya. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya