DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF PADA MATERI ASAM BASA KELAS XI SMAN 1WARU
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
SITI MAHMUDA (STUDENT ID : 16030194075)
(LECTURER ID : 0015076503)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:43:37 
Abstract :
Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran dengan model kooperatif tipe NHT, aktivitas peserta didik, dan melatihkan keterampilan metakognitif pada materiasam basa. Rancangan yang digunakan dalampenelitian yaitu One Group Pre-test Post-test pada kelas XI MIA 6 SMAN 1 Waru sebanyak 36 peserta didik. Hasilpenelitian yang telah dilakukan menunjukkan : 1) Nilai keterlaksanaan modelpembelajaran kooperatif tipe NHT pada tiap-tiap fase berturut-turut sebesar4,00; 3,33; 4,00; 3,89; 3,93; dan 3,85 pada pertemuan pertama, padapertemuan 2 berturut-turut sebesar 4,00; 3,56; 4,00; 4,00; 4,00; dan 4,00, pada pertemuan3 berturut-turut sebesar 4,00; 4,00; 4,00; 4,00; 4,00; dan 3,70,dengan kategori sangat baik. 2) Aktivitas peserta didik pada pertemuan 1, 2, dan 3 yangmemiliki persentase lebih besar adalah peserta didik saat melakukanpercobaan (monitoring skills) yang mempunyai persentase rata-ratasebesar 23,90%, 17,40%, dan 18,30% dibanding dengan aktivitas peserta didik yang lainnya. 3) Keterampilan metakognitif mengalamipeningkatan yang baik memperoleh N-gain sebesar 80,56% dengan kategori tinggi. Berdasarkanhasil penelitian dapatdisimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe NHT dapat melatihkanketerampilan metakognitif pada materi asam basa meningkat secara baik. Kata kunci: NHT, keterlaksanaan, aktivitas, keterampilanmetakognitif. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya