DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN HASILBELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION(STAD) PADA MATERI SISTEMPENCERNAAN MANUSIA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
ANGGITA DWI YUSVI PUTRI (STUDENT ID : 18030654091)
(LECTURER ID : 0004077004)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:49:52 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan meningkatkan pada model pembelajaran STAD untuk meningkatkanhasil belajar siswa serta respon siswa. Penelitian ini diterapkan pada 29 siswakelas VIII-D SMP Semen Gresik. Rancangan penelitian yang digunakan adalah onegroup pretest posttest design dengan metode pengumpulan data menggunakanmetode tes, angket dan observasi. Instrumen penelitian pada penelitian iniialah lembar keterlaksanaan pembelajaran, soal pretest, dan lembar angketrespon siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu adanya peningkatanhasil belajar melalui penghitungan N-Gain dengan nilai rata-rata 0,85berkategori tinggi dan menunjukkan pengaruh terhadap metode STAD dalam hasilbelajar siswa. Respon siswa secara keseluruhan dalam kegiatan pembelajaranmenggunakan metode STAD menunjukkan hasil yang sangat positif dengan rata-ratapersentase sebesar 92% dan penerapan metode pembelajaran STAD sangat baik dipertemuan I dan II. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dapat disimpulkanbahwa terdapat kenaikan hasil belajar melaui model pembelajaran kooperatif tipeSTAD pada materi sistem pencernaan manusia. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya