DETAIL DOCUMENT
STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 15 SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Rafel Dwi Apriliyanto (STUDENT ID : 15010714038)
(LECTURER ID : 0025127702)
Subject
Ilmu Pendidikan 
Datestamp
2022-12-23 14:38:51 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan dan mengetahui mengenai Strategi kepala sekolah dalam gerakanliterasi sekolah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa di SD Muhammadiyah15 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan datamenggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Datayang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik kondensasi, penyajian data danverifikasi data. Data kemudian diuji keabsahannya dengan menggunakan teknik creadibility, transferability,dependability, dan confirmability.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :(1) Strategi kepala sekolah dalam gerakan literasi sekolah untuk meningkatkanketerampilan berpikir keritis siswa di SD Muhammadiyah 15 Surabaya adalahsebagai berikut : (a) Pembuatan jadwal kunjungan perpustakaan.; (b) Persentasisiswa di depan kelas dilakukan oleh 4 sampai 5 anak setiap hari; (c) Pustakawanmelakukan kontroling terhadap pelaksanaan membaca 30 menit sebelum KBM setiaphari di kelas untuk memastikan apakah pelaksanaan kegiatan literasi tersebutsudah berjalan atau belum; (d) Adanya penghargaan yang diberikankepada siswa untuk menjadi duta literasi; (e) Terdapat program Al-adabulyaumiyah, yaitu pembiasaan-pembiasaan yang baik, membuat siswa terbiasaterhadap program literasi yang ada. (2) Implementasi gerakan literasi sekolahuntuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa di SD Muhammadiyah 15Surabaya dilaksanakan setiap hari dengan melakukan kegiatan mebaca 30 menitsebelum KBM, berkunjung keperpustakaan, dan presentasi didepan kelas hal inidilakukan agar siswa terbiasa dalam gerakan literasi. Dalam melaksanakanpembiasaan literasi ini pustakawan akan melakukan pengawasan dan berkelilingsetiap hari untuk memastikan apakah gerakan literasi berjalan dengan sesuaiatau tidak.Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Gerakan Literasi,Keterampilan berpikir kritis siswa  

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya