Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Muhammad Qomaruddin Sya'bani (STUDENT ID : 19010024083)
(LECTURER ID : 0016058802)
Subject
Ilmu Pendidikan
Datestamp
2023-09-01 01:19:22
Abstract :
Penelitianini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap implementasi program ProyekPenguatan Profil Pelajar Pancasila bertema Suara Demokrasi di SMKN 1 Kemlagi.Komponen implementasi yang dievaluasi antara lain: kondisi sekolah, kondisifasilitator, modul proyek, pelaksanaan pembelajaran proyek, penilaian atauasesmen pembelajaran proyek. Metode yang digunakan adalah deskriptif-kualitatifmenggunakan model evaluasi Countenence Stake. Sumber data primer atau informanadalah Kepala Sekolah SMKN 1 Kemlagi, Ketua P5, Koordinator dan Fasilitatorproyek, serta perwakilan peserta didik kelas X. Sedangkan sumber data sekunderadalah modul proyek, lembar kerja siswa, jurnal fasilitator. Teknik pengumpulandata dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara mendalam, observasi, dandokumentasi. teknik analisis data menggunakan teknik analisis data yangdikembangkan oleh Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa a) Tahap antecedent, meliputi: budayasekolah belum memenuhi standar, kesiapan sekolah telah memenuhi standar,pemilihan tema telah memenuhi standar, penentuan alokasi waktu telah memenuhistandar, kualifikasi akademik fasilitor telah memenuhi standar, kualifikasisebagai seorang fasilitator belum memenuhi standar, penyusunan modul proyektelah memenuhi standar, komponen modul proyek belum memenuhi standar. b) Tahap transactionyang meliputi: pengenalan telah memenuhi standar, kontekstualisasi telahmemenuhi standar, aksi belum memenuhi standar, pemaparan dan refleksi telahmemenuhi standar, c) Tahap outcomes yang meliputi: asesmen diagnostikbelum memenuhi standar, asesmen formatif telah memenuhi standar, dan asesmensumatif belum memenuhi standar. Kata Kunci:Evaluasi, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Countenence Stake.