DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Problem Based Learning dan Self RegulatedLearning terhadap Hasil Belajar pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran diSTTIAA Pacet Mojokerto
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
DWI LESTARININGSIH (STUDENT ID : 157996006)
(LECTURER ID : 0016046402)
Subject
Pascasarjana 
Datestamp
2022-12-23 14:45:45 
Abstract :
ABSTRAK Lestariningsih, Dwi. 2021. Pengaruh Model Problem BasedLearning dan Self Regulated Learning terhadap Hasil Belajar padaMata Kuliah Strategi Pembelajaran di STTIAA Pacet Mojokerto. Disertasi, ProgramStudi TeknologiPendidikan, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. LuthfiyahNurlaela, M.Pd., (II) Dr.Andi Mariono, M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning,Self Regulated Learning, Hasil BelajarTujuan penelitian ini adalah (1) menguji perbedaan kompetensi memahamikonsep mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran problem based learning dan direct instruction pada mata kuliahstrategi pembelajaran di STTIAA Pacet Mojokerto, (2) Menguji perbedaan hasil kompetensimemahami konsep mahasiswa antara yang memiliki self regulated learning tinggi dan self regulated learning rendah pada mata kuliah strategipembelajaran di STTIAA Pacet Mojokerto,(3) Mengetahui interaksi antara modelpembelajaran problem based learningdan self regulated learning mahasiswaterhadap kompetensi memahami konsep pada mata kuliah strategi pembelajaran di STTIAA Pacet Mojokerto. Penelitianini menggunakan desain faktorial dengan rancangan 2 x2. Penelitian ini dilakukan di STTIAA Pacet Mojokerto. Jumlah subjek penelitian40 mahasiswa yaitu 20 mahasiswa untuk kelas kontrol dan 20 mahasiswa untukkelas eksperimen. Variabelpenelitian ini ada tiga macam yaitu variabel bebas, variable moderator danvariabel terikat. Variabel bebas merupakantreatment atau perlakuan dari penelitian ini yaitu penerapan model problem based learning. Variabel moderator yaitu self regulated learning, dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Teknikpengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan tes. Angket digunakan untukmengetahui hasil self regulated learning, sedangkan tes digunakan untukmengetahui hasil belajar. Teknik analisis data uji hipotesis yaitu univariate bivariat analysis of variance. Hasil dan analisis data penelitian diperoleh sebagai berikut: (1) Hasil uji univariate bivariat analysis of variance padakolom metode menunjukkan bahwa sig.hitung 0,000 < 0,05, sehingga dapatdisimpulkan bahwa terdapat perbedan kompetensi memahami konsep antara mahasiswayang mengikuti model problem basedlearning (PBL) dan direct instruction (DI) pada mata kuliahstrategi pembelajaran di STTIAA Pacet Mojokerto. (2) Hasil uji univariate bivariat analysis of variance didapatkan sig.hitung SRL 0,686 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan tidak adaperbedaan hasil kompetensi memahami konsep mahasiswa antara yang memiliki self regulated learning tinggi dan self regulated learning rendah pada matakuliah strategi pembelajaran di STTIAA Pacet Mojokerto. (3) Hasil uji univariate bivariat analysis of variancedidapatkan sig.hitung Metode * SRL 0,130 > 0,05, sehingga dapatdisimpulkan tidak ada interaksi antara model pembelajaran problem based learning dan selfregulated learning mahasiswa terhadap kompetensi memahami konsep pada matakuliah strategi pembelajaran di STTIAA Pacet Mojokerto 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya